Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wajah Baru Kawah Sikidang, Ada Jembatan Kahayangan Sepanjang 1 Km

Uje Hartono
detikTravel
Dieng
Foto: (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Ada yang berbeda dari obyek wisata Kawah Sikidang di tahun 2021. Salah satu obyek wisata di dataran tinggi Dieng ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan kawah, namun juga jembatan kayu sepanjang 1 kilometer.

Jembatan ini memutar mulai dari pintu masuk, lokasi Kawah Sikidang, hingga ke pintu keluar obyek wisata. Ini berbeda dengan tampilan sebelumnya yang belum dibangun jalan khusus menuju lokasi Kawah Sikidang.

DiengDieng Foto: (Uje Hartono/detikcom)

Menariknya, jembatan ini seperti tanpa batas lantaran selalu tertutup asap kawah. Bahkan tidak hanya itu, selain jembatan juga dibangun sejumlah tempat untuk berswafoto.

"Jembatan yang menghubungkan pintu masuk, lokasi kawah dan pintu keluar ini sepanjang 1 kilometer. Jembatan ini disebut juga jembatan kahayangan," terang kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Agung Yusianto saat ditemui di Dieng, Jumat (1/1/2021).

DiengDieng Foto: (Uje Hartono/detikcom)

Dengan adanya jembatan ini, akan memudahkan wisatawan menuju ke lokasi kawah. Selain lebih aman dan nyaman, juga jalan diatur satu arah. Sehingga akan lebih longgar.

"Dengan adanya jembatan kahayangan ini jalan jadi satu arah. Jadi lebih longgar dan nyaman. Di setiap sudut juga ada tempat untuk berfoto-foto," terangnya.

Tidak hanya pemandangan jemmbatan yang membentang, wajah baru Kawah Sikidang ini juga cocok untuk wisata malam di Dieng. Pasalnya, di sepanjang jembatan dipasang lampu-lampu.

" Ada lampunya di jembatan. Sehingga memang pas untuk wisata malam di Dieng," ujarnya.

Namun, Agung menegaskan, untuk wisata malam di kawah Sikidang belum dibuka untuk saat ini. Pihaknya saat ini masih membuat terkait SOP wisata malam di Kawah Sikidang.

"Sekarang belum dibuka. Karena kami masih belum membuat SOP nya bagaimana. Ini kan wisata malam, jadi lebih beresiko. Makanya perlu digodok dulu bagaimana nanti teknisnya," tuturnya.

Ia mengimbau kepada wisatawan agar tidak ke obyek wisata Kawah Sikidang di malam hari. Mengingat sampai saat ini belum dibuka. Menurut dia, sudah banyak wisatawan yang datang ke kawah Sikidang di malam hari.

" Yang datang ke Kawah Sikidang malam hari sudah banyak. Mungkin karena penasaran. Sayangnya untuk saat ini belum buka. Jadi lebih dari jam 5 sore, obyek wisata Kawah Sikidang sudah ditutup," jelasnya.



Simak Video "Kisah Randi, Tubuh Terlempar karena Saking Dahsyatnya Gempa Sulbar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA