Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Jan 2021 21:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Tempat Wisata Purwakarta, Dijamin Keren Abis!

Femi Diah
detikTravel
Bukit Panenjoan di Purwakarta
Bukit Panenjoan salah satu spot wisata di Purwakarta, Jabar (Tri Ispranoto/detikTravel)
Jakarta -

Purwakarta yang berada di titik temu lalu lintas utama Jakarta, Bandung, dan Cirebon menawarkan deretan tempat wisata yang asyik. Berikut rekomendasi tempat wisata Purwakarta dari detikTravel.

Purwakarta berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian utara dan sebagian wilayah barat, kemudian Kabupaten Subang di bagian Timur dan sebagian wilayah bagian utara. Di bagian selatan, Purwakarta berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur di bagian barat daya.

So, boleh dibilang Purwakarta tidak terlalu jauh dari Jakarta, bisa menjadi pilihan berwisata buat traveler.

Berikut tujuh tempat wisata Purwakarta yang bisa traveler singgahi nanti:

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan bendungan dengan luas 8.300 hektare. Di sini traveler bisa menikmati hamparan luas waduk sekaligus menatap view keindahan Gunung Parang dan Bongkok.

Waduk JatiluhurWaduk Jatiluhur Foto: Johanes Randy

Selain itu, traveler bisa berkeliling waduk naik perahu, memancing, dan bermain di waterboom. Soal makan, traveler tidak perlu khawatir karena cukup banyak kedai makanan dan warung terapung.

Harga tiket masuknya Rp 25.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Sewa perahu keliling waduk adalah Rp 350.000 per putaran.

2. Bukit Panenjoan

Dari Bukit Panenjoan, traveler bisa menikmati pemandangan padang rumput dan bukit. Bukit Panenjoan terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Bukit di SukabumiBukit di Sukabumi Foto: Mukhlis Dinillah

Buat foto-foto, lokasi ini bisa memperkaya feed Instagram traveler dengan adanya jembatan bambu yang cakep banget.

Harga tiket di Bukit Panenjoan tidak terlalu mahal, cuma Rp 5.000 per orang sedangkan biaya parkir dikenai Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

3. Tebing Boyer

Tebing Boyer merupakan penampakan alam berupa batuan yang susun di kawasan Waduk Jatiluhur. Tepatnya, berada di Kampung Talun, Desa Tajusindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

[Gambas:Instagram]



Harga tiket masuk per orang dibanderol Rp 5.000 sedangkan biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Parang Gombong

Parang Gombong merupakan tempat yang pas untuk menikmati sunrise dan sunset. Selain itu, traveler bisa kemping di sini.

[Gambas:Instagram]



Parang Gombong berada di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Pengunjung tidak dikenai harga tiket masuk, cuma perlu membayar sewa lokasi untuk kempung sebesar Rp 10.000. Adapun biaya parkir Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

5. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok yang berada di Desa Cikandang ini pas untuk traveler yang menyukai hiking pendek. berada di ketinggian 985 mdpl, traveler bakal diajak treking sekitar 2 jam untuk mencapai puncaknya.

Merayakan HUT RI ke-75 sebuah bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di tebing Gunung Bongkok, Purwakarta. Seperti apa?Merayakan HUT RI ke-75 sebuah bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di tebing Gunung Bongkok, Purwakarta. Seperti apa? Foto: Pool/Wisnu

Lokasi ini juga asyik untuk kemping. Saat bangun tidur di pagi hari, sunrise-nya tiada dua.

Untuk memasuki kawasan ini, traveler cuma perlu membayar retribusi sebesar Rp 12 ribu dan tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

6. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan atau disebut Ujung Aspal ini merupakan kawasan hutan pinus. Lokasinya berada di Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta.

Pasir Langlang PurwakartaPasir Langlang Purwakarta Foto: dok. Pemkab Purwakarta

Di sini, traveler bisa memilih berbagai aktivitas kegiatan outdoor, dari berkemah, bersepeda downhill, atau hiking.

Di kawasan ini juga ada Curug Pamoyanan dan Goa Jepang.

7. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta berada lereng Gunung Burangrang, tepatnya di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta. Tempat ini memiliki daya tarik berupa kolam renang alami dengan bebatuan besar yang berada di antara sawah, bukit, dan sungai.

pemandianTaman Batu Purwakarta Foto: (Mukhlis Dinillah/detikTravel)

Kolam ini memiliki air terjun buatan yang bikin traveler makin nyaman. Harga tiket masuk kawasan ini cuma Rp 20.000 per orang.

Nah itu dia 7 tempat wisata Purwakarta yang keren.



Simak Video " Libur Lebaran, 36 Tempat Wisata Purwakarta Diperbolehkan Buka"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA