Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2021 23:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan-jalan Malam di Jogja? Jangan Lupa Coba 6 Kuliner Ini

Oseng Mercon Bu Narti
Foto: Yusran Firmansyah/d'traveler
Jakarta -

Jalan-jalan di Malioboro, mampir ke Alun-alun Kidul, dan membeli oleh-oleh khas Jogja adalah agenda wajib saat liburan ke sana. Selain itu, yang juga wajib adalah kulineran malam di Jogja.

Berbeda dengan kedai makan biasa, kuliner malam di Jogja biasanya dikunjungi oleh warga lokal. Alhasil, makanan pun semakin nikmat karena bisa berbaur dengan warga lokal sambil bersantap.

Dari sekian banyak pilihan, berikut ini adalah kuliner malam di Jogja yang patut dicoba.

  • 1. Gudeg Pawon

Sesuai namanya, kuliner malam di Jogja ini disajikan di dapur sang empunya warung. Meski baru buka pukul 22.00. gudeg yang berada di Jalan Janturan No. 36 ini sudah ramai pembeli sejak pukul 20.00. Gudegnya memang nikmat, tidak heran jika gudeg ini bisa bertahan selama puluhan tahun sejak dimulai tahun 1958.

Gudeg Pawon yang melegendaGudeg Pawon yang melegenda Foto: Emzy Ardiwinata/d'Traveler
  • 2. Gudeg Bromo

Gudeg lain yang juga menjadi kuliner malam wajib di Jogja adalah Gudeg Bromo alias Gudeg Bu Tekluk. Tidak kalah legendaris, Gudeg Bromo sudah ada sejak tahun 1984. Cara menemukannya pun mudah, cukup datang ke Jalan Affandi No. 2A dan cari antrian panjang di sana. Biasanya, Gudeg Bromo baru buka pukul 23.00, namun terkadang antrian ini sudah ada sejak pukul 21.00.

  • 3. Oseng Mercon Bu Narti

Pedas, gurih, dan berlemak, kuliner malam di Jogja ini paling nikmat dimakan dengan nasi panas. Sudah ada sejak tahun 1960, oseng mercon ini disebut demikian karena Bu NArti menggunakan hingga 10 kilogram cabai setiap harinya. Di kedai yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan ini pun tersedia aneka makanan seperti ayam goreng, lele, bebek, hingga ati ampela.

Oseng Mercon Bu NartiOseng Mercon Bu Narti Foto: Yusran Firmansyah/d'traveler

4. Sate Klathak Pak Bhari

Kuliner malam di Jogja ini menawarkan pengalaman makan sate yang berbeda. Bukan dinikmati dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, sate klathak hanya dibumbui dengan garam. Sebagai pelengkap, biasanya ditemani dengan semangkuk kuah gulai. Langsung saja datang ke Pasar Wonokromo di Bantul untuk menikmati sate sapi ini.

5. Lesehan Terang Bulan

Malioboro pun memiliki kuliner malam di Jogja yang wajib dicoba. Tempatnya sederhana, namun sajiannya sungguh lezat, terutama burung dara gorengnya. Posisinya berada tepat di toko batik Terang Bulan dan buka mulai pukul 22.00 setiap harinya.

6. Nasi Teri Gejayan

Murah dan mengenyangkan, kuliner malam di Jogja ini konsisten menyajikan nasi dengan ikan teri pedas dan lauk lainnya sejak tahun 1970an. Meski sederhana, warung yang berada di Jalan Afffandi No. 5 ini tidak pernah sepi pembeli. Warung ini pun kerap menjadi tujuan utama bagi yang mencari kuliner malam di Jogja.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Ayam Ingkung Jogja yang Melegenda"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA