Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 18:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Siti Fatimah
detikTravel
Palestine Walk di Bandung
Bandung punya Palestine Walk (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Palestine Walk ini menjadi spesial karena menjadi penanda dukungan Indonesia, khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. Selain itu, jalan yang sama cuma ada dua di Asia. Satu lagi berada di Malaysia di Jalan Palestin.

Taman sekaligus trotoar dengan penanda Palestine Walk itu berukuran 100 meter. Diresmikan pada 2018 lalu oleh Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi, dan Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Di tengahnya terdapat ornamen-ornamen menarik yang bisa menjadi latar berfoto seperti tulisan Bandung Love Palestina yang berada di tengah pedestrian dan sebuah gerbang bertuliskan Palestine Walk.

Penggunaan nama Palestine Street itu sebagai bentuk dukungan Indonesia khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. Apalagi, kedua negara ini memiliki kedekatan emosional yang erat.

Palestine Walk di BandungPalestine Walk di Bandung Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Lokasinya Palestine Walk itu berdekatan dengan pusat kota yaitu Alun-alun dan Gedung Merdeka bukan tanpa alasan. Sebagai tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955, Kota Bandung tetap menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Hingga kini, Palestina satu-satunya negara yang belum memperoleh kemerdekaannya.

"Iya itu trotoar yang diberi nama. Buat mendukung perjuangan bangsa Palestina. Sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945," kata Koordinator Komunitas Aleut, Ariyono Wahyu saat dihubungi detikcom, Rabu (13/1/2021).

Pedestrian, umumnya berukuran lima kaki atau 1,5 meter, namun di pedestrian ini ukurannya lebih lebar. Selain itu, bagian sisi trotoar ditanami bunga-bunga sebagai pemanis jalan.

Nampaknya meskipun sudah ada sejak tiga tahun yang lalu, Pemerintah Kota Bandung tetap konsisten merawat dan memelihara taman Palestine Walk ini.

Palestine Walk di BandungPalestine Walk di Bandung Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Desain sebagai jalan setapak yang mengarah ke tugu monumen Konferensi Asia Afrika (KAA) dengan globe dunia di atasnya membuat Palestine Street tak lepas dari tempat pelesiran.

Berdekatan dengan monumen KAA menjadi sebuah simbol perjuangan kemerdekaan Palestina. Apalagi, monumen bola dunia itu melambangkan kebebasan menentukan nasib yang diakui sebagai hak asasi setiap negara.

Kawasan itu menjadi salah satu spot yang kerap dikunjungi warga Bandung. Kebanyakan sih untuk berfoto.



Simak Video " Geliat Warga Cisaranten Bandung, Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA