Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 20:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Curug Cikondang, Little Niagara dari Cianjur

Ismet Selamet
detikTravel
Curug Cikondang di Cianjur
Curug Cikondang di Cianjur (Foto: Ismet Selamet/detikTravel)
Cianjur -

Curug Cikondang, wisata air terjun yang berada di Kampung Sindanghela Desa Wangunjaya Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur ini, bak air terjun Niagara. melengkapi perjalanan traveler saat mengunjungi Situs Megalitikum Gunung Padang.

Dari Situs Purbakala Gunung Padang, curug ini hanya berjarak 9,9 kilometer. Adapun, jika dari pusat kota Cianjur, jarak ke Curug Cikondang ini sejauh 37,1 kilometer. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam.

Curug yang dinamai berdasarkan aliran sungainya, yakni Sungai Cikondang, ini memiliki aneka keindahan alam. Tidak hanya saat berada di lokasi curug, namun mulai dari perjalanan menuju curug ini.

Hamparan kebun teh menemani perjalanan, baik saat traveler melalui jalur Gunung Padang ataupun Jalur Campaka. Perbukitan teh ini membuat pandangan menjadi jernih dan menuai kekaguman.

Kabut tipis di pagi hari yang menyelimuti perbukitan ini semakin menambah keindahan jalur menuju Curug Cikondang.

Curug Cikondang di CianjurCurug Cikondang di Cianjur Foto: Ismet Selamet/detikTravel

Traveler juga bisa mendapatkan bonus menyaksikan buruh petik teh sedang melakukan tugasnya, baik memetik pucuk teh ataupun memanggul keranjang yang berisi daun-daun teh itu.

Begitu sampai di Curug Cikondang, traveler akan disuguhkan pemandangan air terjun dengan lebar 10 meter dan tinggi 70 meter.

Ketua Kompepar Curug Cikondnang, Sundara Saputra, mengatakan destinasi wisata yang menjadi zona pengembang Gunung Padang ini mulai dikelola sejak 2008 dan dikembangkan secara serius pada 2014.

"Awalnya melihat ada potensi wisata air terjun yang indah dan berada dengan situs Gunung Padang, pemuda kemudian berinisiatif untuk mengelola dan menatanya sehingga menjadi destinasi wisata prioritas baru di Cianjur," ujar dia, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya saat ini juga sudah dibuat beberapa spot foto khusus untuk wisatawan, mulai dari spot foto dengan latar belakang hati, hingga spot-spot yang akan membuat foto terlihat lebih instagramable.

Selain itu, Kompepar juga mulai menyediakan homestay untuk wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Cikondang.

"Berbagai penataan kami siapkan untuk wisatawan agar semakin nyaman. Bukan hanya untuk berwisata seraya berfoto, tapi juga hingga menginap menikmati suasana curug dari siang ataupun malam," kata dia.

Ia menambahkan pihaknya juga menyediakan wisata khusus rappeling. Petugas dan alat khusus pun disiapkan bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Curug Cikondang di CianjurCurug Cikondang di Cianjur Foto: Ismet Selamet/detikTravel

"Posisi curug ini kan atasnya sejajar dengan jalan utama. Sehingga, memungkinkan untuk rappeling. Makanya kami juga sediakan wisata khusus tersebut. Banyak yang sudah mencoba, tapi harus mendaftar dulu sebelumnya," tuturnya.

Ia yakin Curug Cikondang yang indah dan mempesona akan menjadi tujuan wisata prioritas di Cianjur, selain Gunung Padang, Cibodas, ataupun Taman Bunga.

"Kami juga koordinasi dengan Dinas Pariwisata Cianjur untuk pengembangan ke depannya," ujarnya.

Wawan Sutiawan, salah satu wisatawan yang mengunjungi Curug Cikondang, mengatakan wisata curug tersebut memberikan nuansa baru untuk wisata di Cianjur. Apalagi, lokasinya tidak jauh dari perkotaan.

"Dekat dari kota, curugnya juga indah. Lebih indah dari curug lain yang berada di wilayah perkotaan. Pemandangannya indah dan hasil fotonya juga instagramable," kata dia.



Simak Video "Menikmati Sejuknya Hamparan Kebun Teh Cianjur, Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA