Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Jan 2021 13:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Hal yang Bikin Kita Kangen Liburan ke Dieng

Ilustrasi Dieng
Ilustrasi Gunung Prau (dok. Unsplash)
Wonosobo -

Dingin yang menusuk, hangatnya matahari pagi, dan senyum ramah warga lokal. Itulah beberapa hal yang paling membekas dari liburan ke Dieng.

Untuk yang belum pernah mencobanya, mungkin belum terbayang apa saja yang bisa dilakukan di dataran tinggi di Jawa Tengah ini.

Ada seribu satu alasan untuk berlibur ke Dieng. Dilihat detikTravel dari press release Have Halal Will Travel, Sabtu (23/1/2021), berikut 5 hal yang akan selalu membuat Anda ingin kembali ke sana:

1. Pemandangan alamnya

Ilustrasi DiengIlustrasi sunrise di Dieng (dok Unsplash)

Telaga Warna, Batu Ratapan dan Kawah Sikidang adalah tempat wisata di Dieng yang paling berkesan. Anda bisa melihat keajaiban alam danau yang warna airnya berubah-ubah, kawah vulkanik yang masih aktif, hingga pemandangan dataran Dieng dari ketinggian. Lebih baik lagi, harga tiket masuk ke semua tempat wisata alam ini pun sangat terjangkau.

2. Matahari terbit di Gunung Prau

Objek wisata Dieng ini cocok untuk pendaki gunung pemula. Treknya cukup panjang, tapi cenderung landai dan mudah ditempuh.

Tujuan utamanya tentu pemandangan matahari terbit yang keemasan di puncaknya. Anda pun bisa mengunjungi obyek wisata Dieng lainnya selama perjalanan.

3. Pesona Candi Arjuna

Candi Arjuna di DiengCandi Arjuna di Dieng (Uje Hartono/detikcom)

Kompleks wisata candi ini tersebar di area 90 hektar. Setidaknya, ada lima struktur candi di dalamnya, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Faktanya, candi-candi ini hanyalah sebagian kecil yang telah direstorasi. Hingga kini, tempat wisata Dieng ini pun masih digunakan sebagai tempat wisata warga setempat.

4. Embun salju "upas"

Ilustrasi DiengIlustrasi embun salju 'upas' (dok Unsplash)

Lokasi Dieng yang berada di dataran tinggi kerap membuat suhunya teramat dingi, bahkan hingga mencapai titik beku. Akibatnya, beberapa spot wisata Dieng sering mengalami embun "upas" yang menyerupai salju.

Embun ini membentuk lapisan es di permukaan daun sehingga membuatnya berwarna putih. Pemandangan unik ini merupakan fenomena alam yang tidak bisa diprediksi.

5. Manisnya carica

Carica Paris dan Dodol Pepaya olahan KWT Sido Makmur Semampir BantulCarica Paris dan Dodol Pepaya olahan KWT Sido Makmur Semampir Bantul Foto: dok. detikFood/Istimewa

Selain tempat wisata, Dieng juga menyuguhkan kuliner khas yang bikin kangen, yakni buah carica. Buah mirip papaya ini konon berasal dari pegunungan Andes dan sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia. Rasa carica mirip dengan papaya, tapi teksturnya lebih renyah dan ukurannya lebih kecil.

Dieng merupakan salah satu dataran tinggi di Indonesia yang menyajikan suasana sejuk dan alam yang indah. Pemandangan seperti ini pun bisa Anda temukan di tempat lain, termasuk di beberapa tempat dingin di Bali.



Simak Video "Ternyata ini Arti Nama dari Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA