Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Jan 2021 22:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Lokasi Peninggalan Perang Dunia II di RI yang Bisa Kamu Kunjungi

Putu Intan
detikTravel
Museum perang dunia II
Museum Perang Dunia II di Morotai. Foto: Muhlis Eso/facebook

3. Kepulauan Mapia

Masih di Papua, napak tilas Perang Dunia II juga dapat ditemukan di Kepulauan Mapia yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, Republik Palau, dan Filipina.

Dulunya, pasukan Jepang membangun pangkalan militer di sana. Sampai saat ini pangkalan udara dan beberapa kuburan para tentara masih dapat ditemukan di sana.

Kepulauan Mapia juga menjadi saksi adanya kerja paksa yang dilakukan warga Papua untuk mengolah tanaman kelapa menjadi minyak.

4. Kepulauan Morotai

Museum perang dunia IIMuseum Perang Dunia II. Foto: Muhlis Eso/facebook

Kepulauan Morotai terletak di kawasan Halmahera Utara dan digunakan Jepang untuk membangun lapangan udara saat Perang Dunia II. Sayangnya pada 1944, Morotai berhasil diduduki tentara Amerika Serikat.

Jika datang ke Morotai, traveler akan melihat peninggalan seperti tank, topi baja, sampai peralatan makan yang disimpan di Museum Perang Dunia II.

Selain itu, traveler yang hobi diving juga bisa melihat puing-puing kendaraan perang yang kini menjadi terumbu karang.

5. Pulau Lombok

Pandemi COVID-19 sangat memukul sektor pariwisata di Gili Trawangan, NTB. Objek wisata favorit itu kini terlihat sepi.Pandemi COVID-19 sangat memukul sektor pariwisata di Gili Trawangan, NTB. Objek wisata favorit itu kini terlihat sepi. Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Wilayah perairan Lombok memang sejak lama menjadi lokasi strategis untuk lalu lalang kapal asing. Termasuk saat masa Perang Dunia II, kawasan Lombok juga menjadi saksi ganasnya perang dua blok.

Bila traveler melakukan diving di Gili Trawangan, traveler akan menemukan jejak peninggalan Perang Dunia II berupa bangkai kapal Japanese Wreck dan Bounty Wreck. Kapal-kapal ini sudah menjadi terumbu karang dan tempat tinggal berbagai biota laut lainnya.

Tak hanya itu, di Lombok juga ada sejumlah gua Jepang yang menyimpan senjata hingga meriam untuk Perang Dunia II.

Itulah sejumlah lokasi peninggalan Perang Dunia II di Indonesia. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya? Coba ceritakan di kolom komentar.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA