Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Jan 2021 15:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sawah Mangaran Spot Instagramable Baru di Banyuwangi Serasa di Ubud Bali

Ardian Fanani
detikTravel
Sawah Mangaran Banyuwangi
Sawah Mangaran, spot wisata baru di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi -

Banyuwangi memiliki spot instagramable baru. Namanya sawah Mangaran.

Tempat yang awalnya "ndeso" di tengah hamparan hijaunya sawah itu disulap menjadi titik berswafoto. Di areal sawah Mangaran itu ada pula pondok tua di tengahnya, yang sebenarnya adalah tempat istirahat para petani.

Area sawah instagramable itu berada di Dukuh Mangaran, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo. Lokasinya berjarak 40 menit berkendara dari pusat kota Banyuwangi.

Memasuki desa ini, traveler disuguhi hamparan sawah luas nan hijau. Sudah begitu, sawah ini berlatar belakang Gunung Baluran.

Hamparan sawah seluas 75 hektare itu milik dua kelompok tani. Saelan, salah pemilik sawah mengatakan dirinya senang sawahnya mendadak dikunjungi banyak anak muda selama satu bulan terakhir.

Sawah Mangaran BanyuwangiSawah Mangaran Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikTravel

"Dari depan jalan utama, banyak sekali yang nanya mana sawah-sawah yang ada gubuk kayunya. Hampir setiap hari ada saja yang nanya," ujarnya kepada detikTravel, Selasa (26/1/2021).

Pondok kayu yang ada di tengah hamparan hijaunya sawah itu menjadi tempat favorit berfoto.

"Ini sebenarnya adalah tempat persinggahan petani kalau sedang istirahat, mau solat, atau makan. Tapi, sekarang gubuk itu dicari untuk dijadikan latar belakang foto," ujarnya sumringah.

Saat ini, kata Saelan, sudah mulai ada permintaan dari sejumlah orang untuk melakukan sesi foto prewedding di sawah Mangaran itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi kawasan tersebut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda akhir pekan lalu.

Anas mengaku sebenarnya banyak sawah yang memiliki pemandangan alam yang indah. Tak kalah dengan terasiring di Bali yang menakjubkan.

"Banyak spot selfie yang ada di Banyuwangi. Tak kalah dengan terasiring di Jati Luwih Bali. Tentu in, sawah Mangaran, akan menjadi lokasi baru destinasi wisata di Banyuwangi," ujarnya.

Sawah Mangaran BanyuwangiSawah Mangaran Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikTravel

Anas berharap adanya destinasi wisata tambahan semakin banyak masyarakat yang menerima manfaat dari sektor pariwisata.

"Semoga ini menambah manfaat bagi petani. Ini menunjukkan bahwa pariwisata bisa dibangun tanpa kita harus merusak alam. Keasrian alam adalah modal pariwisata Banyuwangi," kata Anas.



Simak Video "Pegawai Bank Bali Tilap Uang KUR Rp 1 M Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA