Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 16:37 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Angkernya Alas Purwo, Ini Kata Orang Pintar

Ardian Fanani
detikTravel
Alas Purwo Banyuwangi
Ahli spiritual dari Banyuwangi, Ki Joko Gondrong (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Turis nakal Kristen Gray disarankan datang ke Alas Purwo oleh warganet. Namun sebagian dari mereka malah menakut-nakuti bule Amerika Serikat itu dengan cerita horor tentang Alas Purwo.

Salah satunya adalah akun ditelansenja. Dirinya menuliskan balasan Twitter, "Yeah sure, you can meet a cute little kitten there called the GENDERUWO," tulisnya.

Namun, menurut ahli spiritual dari Banyuwangi, Ki Joko Gondrong mengatakan, wisatawan yang datang ke Alas Purwo hendaknya berhati-hati. Sebab Alas Purwo dipercaya sebagai tempat pertama dihuni oleh manusia yakni Situs Kawitan.

"Situs purbakala yakni Situs Kawitan dipercaya adalah bangunan punden entah siapa yg mendirikan. Ada juga sejenis Lingga Yoni di situ," ujarnya kepada detikTravel, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, Situs Kawitan seperti halnya pos penjagaan alam gaib. Jika memiliki niatan buruk ke Alas Purwo, akan berimbas dengan kejadian buruk. Sementara jika niatan baik, maka tidak akan ada apa-apa.

"Jadi seperti scan tentang niat wisatawan. Kalau aneh ya pasti terdeteksi di situ lebih canggih dibandingkan alam nyata," tegasnya.

Untuk penghuni Alas Purwo, kata Ki Joko Gondrong, karena setiap hutan merupakan tempat angker, tentu didiami oleh makhluk halus seperti genderuwo, jin dan setan. Kebanyakan, adalah sejenis makhluk halus pengikut Nyi Roro Kidul.

"Angker karena letaknya statregis di paling ujung dan banyak pertapa di sana. Angkernya hutan itu menjadi sarang dedemit dan jin menjadi penganut ratu pantai selatan," ujar pria yang memiliki padepokan Ki Joko Gondrong ini.

Banyak sering penampakan hewan gaib di Alas Purwo. Seperti banteng gaib hingga ular. Sementara untuk pantai yang diduga angker di dalam Alas Purwo adalah Pantai Parang Ireng. Dipercaya, pengikut Ratu Pantai Selatan berada di lokasi itu.

Alas Purwo BanyuwangiAlas Purwo Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

"Maka untuk wisatawan datang ke Alas Purwo itu tergantung niatnya. Kalau negatif ya negatif kalau positif akan lebih positif," tambahnya.

Gua di Alas Purwo juga memiliki kesan mistis yang kuat. Harus berjiwa dan berbadan bersih jika ingin masuk ke gua-gua yang ada di Alas Purwo.

"Wisatawan harus jaga sopan santun, tata krama. Selain itu kalah masuk ke goa harus bersih tidak haid dan junub. Jaga sopan santun tidak boleh ngomong yang aneh-aneh,"tambahnya.

Gua-gua di Alas Purwo diantaranya adalah Gua Istana, Gua Gajah, Gua Mayangkara dan masih banyak lagi. Namun yang terkenal adalah Gua istana. Gua ini dipercaya sebagai tempat dari tokoh proklamator, Ir Soekarno bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

"Di Gua Istana itu simbolis batu dari kanjeng ratu. Gua Istana pernah disinggahi Proklamator RI Bung Karno," tambahnya.

Alas Purwo memang sebagai jujugan dari pertapa, yang melakukan ritual di alam bebas. Namun tidak semua pertapa memiliki ilmu spiritual. Sehingga diduga banyak yang melakukan aksi penipuan, dengan berdalih bisa mewujudkan impian ataupun keinginan.

"Jadi harus berhati-hati. Banyak paranormal tidak jelas yang datang ke sana. Modal mereka baju hitam, celana hitam pakai akik dan lusuh. Padahal yang namanya ahli spiritual itu dekat dengan tuhan. Menghadap tuhan kan harus bersih masak lusuh?" tambahnya.

Pihaknya berharap wisatawan ataupun masyarakat yang memiliki hajat di Alas Purwo untuk tidak percaya dengan tipu daya yang ada. Karena dikhawatirkan akan menjadi aksi penipuan dengan permintaan mahar yang merugikan.

"Yang jelas minta identitas. Tau rumah atau padepokannya. Karena mereka yang ada di Alas Purwo selalu minta mahar yang banyak tanpa terasa oleh korban," pungkasnya.



Simak Video "Mengabadikan Momen Seru di Pinggir Pantai Ngagelan, Banyuwangi "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA