Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2021 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Cantiknya Pulau Nusakambangan dari Pangandaran, Bisa!

Faizal Amiruddin
detikTravel
Dari Pantai Palatar Agung Pangandaran bisa melihat Pulau Nusakambangan
Pulau Nusakambangan dilihat dari Pantai Palatar Agung Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikTravel)
Pangandaran -

Pulau Nusakambangan terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Namun pulau ini ternyata bisa juga dilihat dari pantai Pangandaran, Jawa Barat. Kok bisa?

Nusakambangan yang terkenal digunakan sebagai penjara penjahat kelas kakap itu bisa dilihat dengan jelas, bahkan diakses dari wilayah Jawa Barat. Tepatnya dari pantai Palatar Agung, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Dari pantai Palatar Agung, pulau Nusakambangan terlihat jelas. Bahkan jaraknya seperti selemparan batu saja. Hal ini juga yang menjadi daya tarik pantai Palatar Agung.

Meski tak seramai pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Pangandaran, perlahan aktivitas pariwisata di pantai Palatar Agung mulai menggeliat. Wisatawan banyak yang mulai berdatangan ke pantai ini.

Selain bisa menikmati pemandangan pulau Nusakambangan, di pantai Palatar Agung wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah lainnya yaitu keberadaan delta yang seolah menjadi pembatas antara pantai dan laut lepas.

Dari Pantai Palatar Agung Pangandaran bisa melihat Pulau NusakambanganDari Pantai Palatar Agung Pangandaran bisa melihat Pulau Nusakambangan Foto: Faizal Amiruddin/detikTravel

Delta adalah endapan sedimen yang terjadi di sekitar muara sungai dan pantai. Pantai Palatar Agung ini memang terletak tak jauh dari muara sungai Citanduy dan laut lepas. Jika ingin menjelajah dan melihat lebih dekat, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan.

Hal lain yang menjadi daya tarik pantai Palatar Agung adalah kuliner khas laut atau seafood. Ya, menikmati hidangan seafood di pantai memang bukan sesuatu yang luar biasa.

Namun yang jadi nilai lebih adalah harga jual seafood di pantai Palatar Agung relatif murah. Setidaknya lebih murah jika dibanding dengan harga jual di pantai Pangandaran.

"Harga ikan lautnya murah, mungkin karena langsung dari nelayan dan mayoritas pengunjung di pantai ini warga lokal," kata Muslih Suprianto, salah seorang pengunjung, Kamis (4/2/2021).

Namun demikian Muslih mengaku masih banyak sarana dan prasarana infrastruktur yang harus mendapat sentuhan agar pantai ini semakin memiliki daya tarik.

"Yang paling menjadi keluhan adalah susahnya mendapatkan sinyal telepon. Lumayan mengganggu, terasa aneh saja tahun 2021 ternyata masih ada daerah blank spot. Padahal setelah foto-foto, tentu kita ingin segera unggah ke Medsos," kata Muslih.

Sementara itu posisi pantai Palatar Agung yang relatif dekat dengan pulau Nusakambangan, ternyata menyisakan cerita-cerita tentang aksi pelarian sejumlah narapidana Nusakambangan. Namun sayang hal itu hanya cerita yang berkembang di masyarakat tanpa didukung saksi atau bukti.

Namun salah seorang warga mengatakan di wilayah pesisir pantai Palatar Agung itu ada istilah warga "parantean". Konon mereka adalah para pelarian dari Nusakambangan yang kemudian hidup dan berkeluarga di wilayah itu.

"Ada istilah warga parantean, konon dulunya mereka adalah pelarian dari Nusakambangan. Lalu hidup dan menetap disini dan memiliki keturunan. Perkampungan ini kan dulunya hutan, merekalah yang membuka lahan ini," kata salah seorang pemilik warung.



Simak Video "41 Bandar Narkoba dari Jakarta-Banten Dipindah ke Nusakambangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA