Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2021 17:23 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Masjid Cheng Ho di Indonesia, Bukti Asimilasi Budaya Islam dan China

Ilustrasi Bangunan China
Foto: Ilustrasi Masjid Cheng Ho (dok. Unsplash)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Surabaya -

Anda mungkin tidak asing dengan nama Laksamana Cheng Ho, seorang laksamana laut asal Yunnan, China yang melakukan ekspedisi ke Indonesia.

Dalam perjalanannya, Laksamana Cheng Ho turut menyebarkan agama Islam ke berbagai wilayah yang ia singgahi. Salah satu jejak perjalanannya pun masih bisa dilihat sampai hari ini, yakni berupa Masjid Cheng Ho yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Selain mengunjungi masjid terindah di Indonesia, 5 masjid Cheng Ho berikut ini pun bisa jadi wisata religi yang menarik:


1. Masjid Cheng Ho Purbalingga

Masjid ini beralamat di kawasan Selaganggeng, Mrebet dan menjadi salah satu pusat kegiatan ibadah masyarakat setempat. Dari luar, masjid ini terlihat didominasi warna merah dan putih serta atap berbentuk pagoda.

Masjid Cheng Ho PurbalinggaMasjid Cheng Ho Purbalingga Foto: Google Street View

Selain itu, masjid ini juga bertuliskan aksara Mandarin. Di dalamnya, terdapat bedug besar dan sebuah mimbar berbahan keramik warna merah.

2. Masjid Cheng Ho Kutai Kartanegara

Bergeser ke Pulau Kalimantan, ada sebuah masjid Cheng Ho di Kampung Tani Maju Loa Janan, Kutai Kartanegara. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2007, lengkap dengan taman bunga di sekelilingnya.

Masjid Cheng Ho Kutai KertanegaraMasjid Cheng Ho Kutai Kertanegara Foto: Google Street View

Dari luar, gaya arsitekturnya kental nuansa Jawa dengan kubah besar. Namun di sisi lain, pilar dan gapuranya yang berwarna merah memiliki ciri khas arsitektur China.

Ilustrasi Bangunan ChinaIlustrasi Bangunan China Foto: (dok. Unsplash)

3. Masjid Cheng Ho Surabaya

Kembali ke Pulau Jawa, masjid ini merupakan salah satu masjid Laksamana Cheng Ho yang paling terkenal di Indonesia. Lokasinya berada di dalam area kompleks Pembina Imam Tauhid Islam (PITI) Jalan Gading No. 2 Ketabang, Genteng.

Masjid Cheng Ho SurabayaMasjid Cheng Ho Surabaya Foto: Indonesia Raya

Selesai dibangun pada tahun 2002, gaya arsitekturnya terinspirasi dari Masjid Nii Xie yang ada di Beijing dengan dominasi warna merah, kuning, dan hijau.

4. Masjid Cheng Ho Palembang

Inilah salah satu masjid Cheng Ho terluas di Indonesia dengan dua lantai dan daya tamping hingga 600 orang. Masjid yang berada di Seberang Ulu I, Palembang ini kini menjadi pusat kegiatan agama dan kemasyarakatan bagi warga setempat.

Masjid Cheng Ho di PalembangMasjid Cheng Ho di Palembang Foto: Raja Adil/detikcom

Sedikit berbeda dengan masjid Cheng Ho lainnya, masjid satu ini memadukan unsur China dan Melayu dalam gaya arsitekturnya.

5. Masjid Cheng Ho Pasuruan

Berlokasi di Jalan Raya Kasri No.18 Petung Sari, peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh almarhum Gus Dur pada 30 Mei 2004 dan diresmikan pada 27 Januari 2008 oleh bupati setempat.

Pasuruan Bangun Museum Cheng HoMuseum Cheng Ho di Pasuruan Foto: Muhajir Arifin

Dari bangunannya, terlihat bahwa masjid ini mengadopsi gaya arsitektur Jawa, Arab, dan China. Masjid Cheng Ho berlantai dua ini juga punya atap berbentuk pagoda yang unik.



Simak Video "Uniknya Masjid Warna-warni di Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA