Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Feb 2021 17:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Pahitnya Kopi Bercampur Manisnya Durian di Segelas Kopi Montong

Sudirman Wamad
detikTravel
Kopi Montong Cirebon
Kopi Montong. Foto: Sudirman Wamad/detikcom
Cirebon -

Kopi Montong merupakan destinasi agrowisata serba durian di Cirebon. Di sana ada menu minuman andalan yakni campuran kopi dan manisnya daging durian.

Lokasi Kopi Montong berada di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tepatnya di kawasan Kota Baru Keandra Jalan Nyi Ageng Serang Cirebon. Pengunjung bisa membeli dan memetik langsung durian montong. Kopi Montong berada di ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Selain memesan dan memetik langsung durian dari pohonnya, Kopi Montong juga menyuguhkan beragam fasilitas, seperti edukasi bagi anak-anak yang ingin belajar menanam, mini zoo, tempat bermain anak, kafe dan lainnya. Kopi Montong baru diresmikan awak Februari lalu.

Konsep kawasan Kopi Montong terbilang unik. Kebun durian di kawasan tersebut dikelilingi bangunan tradisional Jawa, yaitu joglo dan limasan. Total ada lima bangunan tradisional yang memiliki fungsi berbeda, sebagai tempat makan, dapur, berkumpul dan lainnya.

"Kita suguhkan destinasi pertanian dan durian. Konsepnya tradisional, ada edukasinya juga," kata Direktur Kopi Montong Achmad Supardi saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (6/2/2021).

Kopi Montong CirebonKebun durian di Kopi Montong. Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Supardi menjelaskan lahan Kopi Montong mencapai 10 hektare. Pihaknya mengaku telah menanam sebanyak 50 pohon durian jenis montong. Rencananya, Supardi akan menanam sebanyak 100 pohon durian jenis Musang King.

Mata pengunjung bakal dimanjakan dengan pemandangan Kabupaten Cirebon dari atas ketinggian. Tentu akan terasa nikmat, karena ditemani masakan khas, kopi dan durian. Selain montong, pengelola juga menyediakan durian jenis sinapeul asal Majalengka, dan bawor.

"Pengunjung memang belum begitu banyak. Tapi untuk yang pesan sudah banyak. Kita sudah tandai setiap durian yang sudah dipesan. Tinggal dipetik langsung," kata Supardi.

Supardi menjamin harga durian montong di tempatnya lebih murah ketimbang yang lain. Supardi mematok harga Rp 80 ribu per kilogramnya untuk durian montong. Sedangkan harga durian lokal mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu.

"Kita beri garansi. Ketika montong yang dibeli ini kualitasnya kurang baik atau dagingnya busuk, maka pembeli bisa menggantinya dengan montong yang lain," ucap Supardi.

Kopi Montong CirebonDurian montong. Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Tak hanya durian, Kopi Montong juga memiliki menu andalan, yakni kopi durian. Kopi yang disajikan dengan durian. "Namanya Kopi Durian Montong. Kami gunakan montong. Untuk kopi yang kita tawarkan ini harganya mulai dari Rp 20 ribu," ucapnya.

Pengelola juga menggunakan koin untuk bertransaksi. Pengunjung bisa menukarkan uangnya dengan koin yang telah disediakan. Koin tersebut bisa digunakan untuk membeli makan dan minum, serta menikmati seluruh wahana yang disediakan.

"Konsumen bisa menukarkan koin saat datang ke Kopi Montong. Nilainya Rp 5, Rp 10, dan Rp 25. Koin tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh store Kopi Montong," kata Supardi.



Simak Video "Aksi Saling Lempar Batu Terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA