Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Feb 2021 23:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Memerah Susu Sapi dan Memanen Stroberi di Moosa Edufarm Solok

Jeka Kampai
detikTravel
Moosa Edufarm Solok
Memerah susu sapi di Moosa Edufarm. Foto: Jeka Kampai/detikcom
Solok -

Sudah punya agenda dan lokasi untuk menghabiskan waktu liburan? Kalau belum, Moosa Edufarm patut masuk daftar.

Lokasinya berada di daerah ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Hanya butuh waktu berkendara sekitar 45 menit dari pusat Kota Padang untuk mencapai kawasan ini. Suasana sejuk akan datang menghampiri. Belum lagi hamparan kebun teh yang menyejukkan lagi menyenangkan, menjadi bonus tambahan di perjalanan.

Moosa Edufarm adalah sebuah lahan peternakan. Luasnya mencapai 14 hektar. Tapi kemudian dibuka untuk umum sebagai sarana wisata edukasi.

"Di sini ada sekitar 70 ekor sapi, termasuk pedet," kata Tika Destilazahra, salah satu staff Moosa Edufarm yang memandu para pengunjung berkeliling.

Pedet adalah sebutan bagi anak sapi ternak dari mula lahir sampai pada usia lebih kurang delapan bulan.

Moosa Edufarm SolokMoosa Edufarm Solok. Foto: Jeka Kampai/detikcom

Ada dua jenis sapi yang ada di Moosa. Yang paling banyak adalah Sapi Friesian Holstein (FH) atau frisia.

Sapi holstein berukuran besar dengan totol-totol warna hitam dan putih di sekujur tubuhnya, punya telinga hitam, kaki putih, dan ujung ekor yang putih.

Holstein adalah salah satu trah sapi perah yang sekarang dikenal sebagai sapi yang terbanyak memproduksi susu. Dalam literatur, sapi ini berasal dari Eropa yang dikembangbiakkan di daerah yang sekarang menjadi Provinsi Holland Utara dan Friesland, Belanda. Jadi, bukan dari Holstein Jerman lho.

Di Indonesia sapi jenis FH ini dapat menghasilkan susu 20 liter/hari, tetapi rata-rata produksi 10 liter/hari atau 3.050 kg susu 1 kali masa laktasi. Sapi jantan jenis FH ini dapat mencapai berat badan 1.000 kg dan berat badan ideal betina adalah 635 kg.

Selanjutnya: melihat sapi wagyu di Moosa Edufarm Solok

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA