Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Feb 2021 09:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Keindahan Alam Kalimantan Barat, Patut Dikunjungi Nih

Jalan-jalan ke Kapuas Hulu belum lengkap rasanya bila tidak menikmati dan merasakan indahnya Danau Sentarum. Terlebih saat pagi dan sore hari. Seperti ini nih.
Foto: Danau Sentarum (Rachman Haryanto/detikcom)
Pontianak -

Kalimantan Barat kaya akan keindahan alam yang masih sangat asri. Sungai terpanjang, danau terbesar di Kalimantan hingga salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.

Dikumpulkan oleh detik Travel dari berbagai sumber, berikut rekomendasi keindahan alam Kalimantan Barat yang patut dikunjungi.

1. Sungai Kapuas

Kalau datang ke Kapuas Hulu, rasanya akan lengkap jika traveler menyusuri sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas.

Meski perjalanan cukup panjang, namun traveler akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih asri dan hijau. Selain itu, ada pula rumah-rumah penduduk yang berdiri di sepanjang sungai.

Sungai ini berkelok-kelok dan punya banyak cabang. Traveler juga bisa bertemu dengan nelayan-nelayan yang hendak mencari ikan. Biasanya mereka membawa peralatan seperti jaring dan sampan.

Wisata Susur Sungai KapuasWisata Susur Sungai Kapuas Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

2. Danau Sentarum

Sentarum merupakan danau terbesar di Kalimantan. Luasnya mencapai 127 ribu hektar.

Danau ini bukan berasal dari letusan vulkanik seperti Toba tapi dari hamparan banjir dari danau-danau kecil sekitar Sungai Kapuas. Lokasinya berada di Nanga Leboyan, Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Karena begitu luas, pemandangan Danau Sentarum layaknya lautan. Hamparan air terlihat memenuhi sela pepohonan dan hutan.

Jalan-jalan ke Kapuas Hulu belum lengkap rasanya bila tidak menikmati dan merasakan indahnya Danau Sentarum. Terlebih saat pagi dan sore hari. Seperti ini nih.Jalan-jalan ke Kapuas Hulu belum lengkap rasanya bila tidak menikmati dan merasakan indahnya Danau Sentarum. Terlebih saat pagi dan sore hari. Seperti ini nih. Foto: Rachman Haryanto

3. Bukit Sepancong

Bukit Sepancong menawarkan panorama menakjubkan yaitu hamparan awan putih yang berjajar. Jika berada di sana serasa berada di negeri di atas awan.

Pemandangan gunung sebagai latarnya membuat pemandangan semakin indah. Biasanya, wisata ini digemari oleh traveler yang hobi berswafoto.

Berlokasi di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, letak Bukit Sepancong tak terlalu jauh dari pusat kota Bengkayang yang memiliki akomodasi hotel dan restoran.

Melansir Antara, berdasarkan data Dispopar Kabupaten Bengkayang tahun 2019 yang bekerja sama dengan Generasi pesona Indonesia (Genpi) Bengkayang, Bukit ini berada di peringkat ketiga dari 10 destinasi daerah tujuan wisata paling fenomenal dan favorit di Kabupaten Bengkayang.

4. Bukit Bahu

Bukit Bahu memberikan pemandangan yang tak kalah indahdengan Bukit Sepacong. Layaknya bukit teletubies, hamparan ilalang dan rumput hijau terpampang begitu indah.

Pendakian di bukit bahu dibagi dalam 3 tanjakan jika tidak berhenti setengah jam saja traveler bisa sampai puncak. Panorama sunrise di sini juga sangat cantik.

Lokasinya berada di Dusun Bangau, Desa Majel, Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau. Suasananya begitu asri dan menenangkan. Hilir mudik penduduk lokal jadi pemandangan menarik tersendiri.

Mungkin, Hanya Kalimantan Barat yang Punya 3 Bukit SecantikBukit Bahu Foto: Dimas Yoga/d'Traveler

5. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Paling mencakup area seluas 90 ribu hektare. Ya, Gunung Palung merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.

Melansir situs Indonesia Baik dari Kemkominfo, di dalam Taman Nasional Gunung Palung ada banyak spesies hewan seperti burung, mamalia, dan berbagai flora langka. Daya tarik utamanya yaitu orangutan dan tupai kenari.

Berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayon Utara di Kalimantan Barat, ada tujuh vegetasi yang ditemukan di dalam Taman Nasional Gunung Palung, di antaranya, hutan mangrove, hutan rawa, hutan aluvial, dataran rendah tropis, hutan dataran tinggi tropis dan hutan subalpine.



Simak Video "Menyusuri Sungai Kapuas, Nikmati Perjalanan Panjang Menuju Danau Sentarum"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA