Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2021 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mungkin Mal Tertinggi dan Termahal Indonesia Ada di Papua

Hari Suroto
detikTravel
Mal di Wamena.
Mal Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua (istimewa/Hari Suroto)
Wamena -

Wamena di Lembah Baliem, Papua dikenal berada di ketinggian. Namun, tahukah Anda kalau ada mal di sana? Mungkin yang tertinggi di Indonesia.

Ternyata Papua memiliki mall tertinggi di dunia. Bukan bangunannya yang tinggi sekali, tapi lokasinya di pegunungan Papua yang berada pada ketinggian 1650 Mdpl.

Bangunan yang dinamai Mal Wamena itu berdiri di pusat Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, tepatnya di Jalan Trikora. Bangunan ini menjadi simbol modernitas di kawasan pegunungan Papua.

Untuk berkunjung ke mal ini juga butuh biaya mahal, khususnya bagi traveler yang berasal dari luar Kabupaten Jayawijaya.

Mal di Wamena.Mal di Wamena ini berada di Pegunungan Jayawijaya (istimewa/Hari Suroto)

Kenapa begitu? Seperti diketahui, hingga saat ini hanya pesawat terbang yang menjadi satu-satunya akses transportasi menuju Wamena dari Jayapura mau pun Timika.

Mal ini juga terbilang unik karena berarsitektur honai, rumah adat Suku Dani. Warna meriah juga menghiasi dinding mal tersebut.

Sayangnya, sebagian ruangan mal masih kosong. Hanya teras dan lantai basement saja yang berfungsi.

Pada bagian teras, nampak terlihat berjajar tukang servis arloji. Sedangkan lantai basement difungsikan sebagai pasar modern, berisi penjual aneka macam sayur mayur, bumbu dapur dan buah-buahan.

Jadi bagi traveler yang berkunjung ke Lembah Baliem di Wamena, selain dapat melihat mumi, gua berlukis alien, tradisi bakar batu dan oleh-oleh koteka, juga dapat berkunjung ke mal tertinggi di dunia.

Cara ke sana:

Untuk mencapai Wamena, traveler harus lebih dulu terbang ke Sorong. Dari Sorong, traveler bisa melanjutkan penerbangan ke Wamena dengan menaiki pesawat baling-baling ke Wamena.



Simak Video "Ada Jalan Arwah di Papua, Seperti Apa Bentuknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA