Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Feb 2021 10:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Garuda Mupuk, Destinasi Agro dan Eduwisata Baru Ciamis

Agro Edu Wisata Garuda Mupuk Ciamis
Agro Edu Wisata Garuda Mupuk Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Potensi Kabupaten Ciamis tidak hanya alam tapi juga pertanian. Salah satunya diperlihatkan dalam Agro Edu Wisata Garuda Mupuk yang asyik untuk liburan, tempat swafoto dan latihan untuk bertani.

Wisata Garuda Mupuk ini berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 40 menit dari pusat perkotaan Ciamis dan bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tempat ini baru dibuka dan ditata oleh Kelompok Tani Harapan Laksana 3 Desa Sukamulya sejak akhir 2020 kemarin. Meski pengerjaannya belum sepenuhnya selesai, tapi sudah menarik para pengunjung.

Tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran dengan suasana lahan perkebunan yang menyejukkan. Karena, Agro Edu Wisata Garuda Mupuk ini menyuguhkan pemandangan alam dan lahan pertanian yang memesona.

Sejumlah tanaman holtikultura dan tanaman pangan menghiasi sekeliling area wisata ini. Ada cabai, jagung, pepaya, singkong, jambu, belimbing, alpukat, dan lainya di lahan seluas sekitar 30 hektar ini.

Sejumlah fasilitas pun sudah tersedia, seperti toilet, musala dan gazebo untuk tempat santai sambil menikmati pemandangan pertanian yang luas. Bagi anak-anak juga tersedia wahana permainan anak seperti ayunan, jungkitan, perosotan dan lainnya.

Agro Edu Wisata Garuda Mupuk CiamisAgro Edu Wisata Garuda Mupuk Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Sejumlah spot foto pun tersedia sebagai salah satu fasilitas kekinian, mulai dari rumah pohon, saung bambu dan lainnya di atas terasering lahan pertanian. Bahkan ada juga tempat pertemuan untuk menggelar rapat dan sejenisnya di Agro Edu Wisata Garuda Mupuk.

Direktur Pengolahan Agro Edu Wisata Garuda Mupuk Mad Khocis alias Krisna mengatakan selain sebagai tempat liburan, di lokasi juga ada edukasi terutama untuk anak usia dini. Nantinya di tempat ini akan ada lokasi untuk tempat latihan untuk bertani.

Sehingga kegiatan itu dapat menumbuhkan minat generasi penerus untuk bertani. Mengingat bahwa saat ini generasi milenial seperti tidak peduli terhadap pertanian.

"Memang saat ini masih dalam tahap penataan, tapi pengunjung sudah banyak yang berdatangan. Kami juga akan membuat kedai kopi, yang kopinya langsung dari lokasi ini," jelasnya di lokasi, Rabu (17/2/2021).

Krisna menyebut tujuan utama dari Agro Edu Wisata Garuda Mupuk ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani setempat. Hasil pertanian bisa didapat setiap kurun waktu 3-4 bukan sekali. Untuk penghasilan lainnya setiap bulan bisa dari wisata ini.



Simak Video " Duh! Warga di 89 Desa di Ciamis Masih Berperilaku BAB Sembarangan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA