Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Feb 2021 14:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Lembang? Cobain Yuk Berkebun di Agrowisata Halimun

Whisnu Pradana
detikTravel
Liburan di Lembang? Cobain Yuk Wisata Berkebun Agrowisata Halimun
Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Lembang di Kabupaten Bandung Barat tak cuma menawarkan wisata artifisial dan wisata alam yang bisa dinikmati oleh para pengunjung lho.

Lebih dari itu, kekayaan alam Lembang juga menjadi menjadi salah satu wahana yang bisa dinikmati wisatawan lantaran dikemas dalam konsep agrowisata dan edukasi dengan praktiknya.

Kawasan yang konsentrasi pada pengembangan konsep agrowisata dan edukasi yakni Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Tak ada salahnya sesekali menjajal wisata bercocok tanam saat sambangi Lembang.

Pengelola Agrowisata dan Edukasi Halimun Ratna Junianti (55) mengatakan wisatawan bisa belajar menanam berbagai jenis sayuran maupun membeli sayuran dari kebunnya.

"Konsepnya memang wisata dan edukasi. Selain bisa belajar menanam sayuran, juga bisa membeli sayuran di sini," ungkap Ratna saat ditemui detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Sebut saja sayuran jenis romaine lettuce atau selada romain, lolorosa atau selada merah, bawang daun, cabai keriting, cabai rawit, terong, tomat ceri, horinzo atau bayam jepang, dan mizuna atau sawi jepang, yang semuanya tumbuh subur di lahan seluas 3500 meter persegi.

"Bisa juga membeli bibitnya, jadi nanti kalau memang wisatawan mau menanam di rumah jadi sudah siap, karena kan dia juga belajar caranya di sini," terangnya.

Kendati demikian, pandemi COVID-19 yang menghantam hampir setahun belakangan juga turut berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan. Sisi baiknya, penjualan sayuran yang sudah dikemas justru mengalami lonjakan.

"Kalau kunjungan memang sepi, karena kan sedang pandemi juga. Jadi kita mengandalkan penjualan sayuran yang sudah dikemas. Ada yang ke pasar modern, tradisional, dan dijual pribadi secara online. Alhamdulillah naik 25 persen," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya menyebut jika agrowisata rencananya dijadikan sebagai primadona di Desa Cibodas. Hal itu mengingat kultur Desa Cibodas yang memang lekat dengan sektor pertanian.

"Agrowisata ini mau dijadikan primadona di Desa Cibodas, itu juga demi meningkatkan taraf hidup masyarakat di sini. Sudah berjalan lama, karena memang kultur wilayah di sini yang merupakan daerah pertanian," kata Dindin.



Simak Video "Jeritan PKL di Jalur Penyekatan PPKM Level 4 Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA