Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Feb 2021 07:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Taman Sari Yogya, Spot Favorit Berfoto Para Milenial

Syanti Mustika
detikTravel
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta (Pradikta Kusuma/d'traveler)
Jakarta -

Taman Sari masuk daftar destinasi favorit wisatawan di Yogyakarta. Bangunannya yang unik, cocok sebagai spot foto yang nantinya bisa memperkaya feed di media sosial.

Taman Sari sebagai salah satu destinasi wisata Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang selalu ramai wisatawan. Spot wisata ini berada di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta.

Pecinta foto instagramable wajib nih datang ke sini karena banyak bagian bangunan Taman Sari yang begitu epik untuk dijadikan tempat foto.

Dirangkum detikTravel, Minggu (21/2/2021) berikut spot menarik yang dimiliki Taman Sari yang harus kamu foto saat liburan ke sana. Selain itu, ketahui sejarahnya dulu, ya.

1. Kolam Taman Sari

Saat memasuki Taman Sari, traveler akan disambut oleh dua kolam dari tiga kolam, yang memiliki fungsi yang berbeda-beda di masanya. Ada namanya Umbul Panguras kolam untuk raja, Umbul Kawitan untuk putri-putri raja, dan Umbul Pamucar untuk para selir-selir raja.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta (Rofika Dwi/d'traveler)

Tepian kolam juga dihiasi ukiran dan ornamen seperti teratai. Selain itu, di sekeliling kolam terdapat pot-pot bunga.

Kolam ini juga salah satu spot yang ramai menjadi latar foto wisatawan.

2. Gapura Panggung

Di Taman Sari ada namanya Gapura Panggung yang dulunya hanya boleh dimasuki raja dan keluarga. Dari gapura inilah raja dan keluarganya menikmati kemegahan Taman Sari. Dulunya Taman Sari memiliki danau buatan dan taman bunga yang cantik lho.

3. Gapura Agung

Kemegahan Taman Sari bisa kita lihat nih dari Gapura Agung. Fungsinya dulunya adalah sebagai lokasi transit kereta kerajaan yang digunakan sultan dan keluarga sultan juga.

Jika diperhatikan gapura ini dihiasi oleh ukiran dan bentuk sayap di sekelilingnya.

Taman Sari di YogyakartaTaman Sari di Yogyakarta Foto: (nyi Penengah Dewanti/d'Traveler)

4. Sumur Gamuling

Jika kamu lakukan pencarian di Instagram dengan kata Taman Sari, yang paling banyak muncul gambar di tangga-tangga kan?

Nah, itu adalah Sumur Gamuling yang berfungsi sebagai masjid bawah tanah dahulunya.

Jika kita perhatikan sumur ini memiliki lima tangga yang itu melambangkan rukun Islam. Di sana juga ada mihrab yang dulunya digunakan imam untuk memimpin salat.

Hal unik yang perlu kamu tahu adalah ketebalan tembok masjid bawah tanah ini lebih dari 1 meter lho. Ini juga berhubungan dengan fungsinya sebagai perlindungan untuk sultan dan keluarganya.

[Gambas:Instagram]



5. Gedung Kenongo

Perhatikan deh, bangunan paling tinggi di Taman Sari. Nah itu namanya Gedung Kenongo yang dulunya berfungsi sebagai tempat jamuan makan kerajaan.

Bangunan ini juga sering menjadi latar foto bagi wisatawan. Letaknya yang sejajar dengan kolam renang membuat epik di foto.



Simak Video "Suasana Yogyakarta yang Mulai Alami Peningkatan Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA