Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 13:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Museum di Jakarta yang Asyik Buat Akhir Pekan

Libur panjang membuat warga beraktivitas di luar rumah, salah satunya dengan bermain sepatu roda di Moja Museum.
MOJA Museum Foto: Rifkianto Nugroho

FOKUS BERITA

Wisata Dekat Ibukota
Jakarta -

Bosan pergi ke mall untuk menghabiskan akhir pekan? Ibukota masih memiliki banyak tempat yang bisa Anda kunjungi. Selain restoran legendaris di Jakarta, museum juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Selain memiliki objek peninggalan sejarah, tempat dan bangunannya yang instagramable juga menjadi daya tarik dari museum-museum di Jakarta berikut ini:

1. Museum Nasional

Tiket mulai Rp 5.000

Museum Nasional atau dikenal sebagai Museum GajahMuseum Nasional atau dikenal sebagai Museum Gajah Foto: Ari Saputra

Museum Nasional atau museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Berdiri sejak tahun 1800 an, museum ini memiliki arsitektur bergaya klasik Eropa yang kental.

Ruang pameran di Museum Nasional terbagi menjadi 2 yaitu Gedung Gajah dan Gedung Arca. Kedua gedung ini memiliki gaya yang berbeda. Gedung Gajah masih mempertahankan sistem pengaturan saat zaman kolonial, sedangkan Gedung Arca memiliki susunan tematik yang merepresentasikan seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Harga tiketnya mulai dari Rp 5.000.

2. Salihara

Komunitas Salihara Gelar Literature & Ideas (LIFEs) Festival 2019Salihara tahun 2019 lalu Foto: Witjak Widhi Cahya/ Komunitas Salihara

Galeri seni yang berdiri sejak 8 Agustus 2008 ini diprakarsai oleh sejumlah sastrawan, perupa, jurnalis, dan peminat seni. Salihara terletak di Jalan Salihara 16 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain menjadi tempat pertunjukan seni dan teater, Salihara sering mengadakan kegiatan menarik. Salah satunya adalah Festival Salihara yang berisi berbagai pertunjukan tari, teater, dan musik.

Selain acara yang menarik, Galeri ini juga memiliki bangunan yang aesthetic dan instagramable dengan konsep industrial. Jika tidak ada pameran khusus yang sedang diselenggarakan, Anda tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan Galeri Salihara.

3. Art 1 Museum

Tiket Rp 75.000

Art 1 Museum and Art space terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3 Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Museum ini terbagi menjadi dua, yaitu New Museum yang berisi karya-karya seniman kawakan Indonesia berupa instalasi, lukisan, hingga patung.

Sementara itu, Art Space menampilkan karya dari seniman muda Indonesia. Selain lukisan, Anda juga bisa menemukan instalasi seni, art video , hingga karya fotografi di Art Space.

Pameran Fotografi Mutiara Jalur Sutra Maritim di Art:1 New Museum, Selasa (27/9/2016)Pameran Fotografi di Art:1 New Museum Foto: Wahyu Setyo Widodo

Di Bagian luar museum, Anda akan disambut dengan instalasi seni outdoor berwarna merah yang bisa dijadikan spot foto untuk feed instagram Anda. Harga tiket dari museum ini adalah Rp 75.000.

4. Museum MACAN

Pameran Seni Semesta dan Angan: Koleksi Pilihan Museum MACANKoleksi Pilihan Museum MACAN Foto: Museum MACAN Jakarta/ Istimewa

The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN adalah museum seni yang berada di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat tepatnya di AKR Tower Level M Jalan Panjang No. 5. Sempat viral di tahun 2018-2019, kini museum MACAN pun masih layak untuk dikunjungi. Salah satu instalasi unggulan dari museum ini adalah infinity room karya Yayoi Kusama yang dipenuhi dengan lampu warna-warni.

Instalasi seni di museum MACAN selalu berganti-ganti, dan tentunya selalu menuai decak kagum. Meskipun tutup sementara selama pandemi, museum MACAN masih menjadi tempat favorit para penikmat seni.

5. MOJA Museum

Tiket Rp 110.000

Museum MOJA di GBK.Museum MOJA di GBK. Foto: (@mojamuseum/Instagram)

Museum ini terletak di Zona 8 Stadion Gelora Bung Karno Jakarta Pusat. Museum Of Jakarta (MoJa) merupakan salah satu galeri instalasi seni yang mengusung konsep berbeda dari museum lainnya. Di sini Anda diperbolehkan untuk menyentuh, bahkan mewarnai instalasi yang sedang dipamerkan.

Museum di Jakarta ini mengangkat budaya pop sebagai salah satu inspirasi instalasinya, MoJa memiliki 14 ruangan dengan tema berbeda dan tentunya sangat menarik untuk kamu unggah di instagram. Jam operasional dari museum ini terbagi menjadi 3 kloter dengan harga tiket mulai dari Rp 110.000 per orang.



Simak Video "Melihat Ragam Racikan Jamu yang Melegenda di Museum Jamu Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)

FOKUS BERITA

Wisata Dekat Ibukota
BERITA TERKAIT
BACA JUGA