Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Mar 2021 06:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

30 Tempat Wisata Bandung untuk Liburan Akhir Pekan

Putu Intan
detikTravel
Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini.
30 tempat wisata di Bandung yang asyik buat akhir pekan Foto: Grandyos Zafna

11. Floating Market

Floating Market LembangFloating Market Lembang Foto: Gema Bayu Samudra/d'Traveler

Tempat wisata di Bandung yang satu ini cocok untuk traveler yang ingin kulineran. Tanpa perlu mengunjungi berbagai tempat atau daerah yang berbeda-beda, di floating market ini traveler bisa menemukan berbagai makanan yang tersedia dan mudah untuk dijangkau.

Selain itu, pengunjung juga bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan sekitar ditambah dengan mencoba kuliner lezat yang ditawarkan oleh pedagang yang tinggal di area tersebut.

Floating Market terletak di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Harga tiketnya adalah Rp 30 ribu-40 ribu. Floating Market buka mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

12. Kampung Kreatif Dago Pojok

Menengok Kampung 'Seribu Tangga' Manteos di Dago Bandung Foto: Tri Ispranoto

Kampung warna-warni tak cuma ada di Malang. Di Bandung juga ada kampung serupa yang dinamai Kampung Kreatif Dago Pojok.

Kampung ini dulunya tidak terurus tapi berhasil disulap menjadi pusat kegiatan kreatif warga Bandung. Di sana, traveler dapat mengikuti aneka workshop, seperti membuat alat musik bambu sampai berlatih tari.

Nah, salah satu spot ikonik di Kampung Kreatif Dago pojok adalah muralnya. Mural yang ada di kampung ini pun terintegrasi dengan augmented realty yang bisa dilihat melalui layer smartphone.

13. Kebun Binatang Bandung

Sebelum pandemi COVID-19, Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) menjadi salah satu objek wisata primadona wisatawan di Kota Bandung. Namun libur nataru tahun ini tidak seramai tahun sebelumnya.Sebelum pandemi COVID-19, Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) menjadi salah satu objek wisata primadona wisatawan di Kota Bandung. Namun libur nataru tahun ini tidak seramai tahun sebelumnya. Foto: Siti Fatimah

Kebun Binatang Bandung menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama anak-anak. Terletak di kawasan Dago, traveler dapat mengenal hewan sambil menikmati kesejukan alam.

Selain itu, di sana juga terdapat beberapa area bermain anak dan berbagai wahana menarik lainnya. Kebun Binatang Bandung buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 50 ribu.

14. Grafika Cikole

Hutan Grafika CikoleHutan Grafika Cikole Foto: (Adhe Albian/d'Traveler)

Menginap di Bandung tapi mirip di luar negeri? Cobain deh di Grafika Cikole. Destinasi ini memiliki atmosfer menenangkan dan menyenangkan. Terlihat hijaunya alam sejauh mata memandang, mirip di Selandia Baru.

Grafika Cikole juga menyuguhkan berbagai wahana permainan yaitu flying fox, flying board, dan masih banyak lagi yang dijadikan untuk destinasi liburan bersama sahabat dan beberapa keluarga.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Bandung Barat. Tiket masuknya adalah Rp 20.000.

Jika ingin menginap di sana, traveler dapat menyewa berbagai tenda dan pondok wisata alam. Harganya dibanderol mulai dari Rp 400.000-Rp 1.610.000 per malam.

15. Puncak Bintang

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Penikmat senja, cocok datang ke Puncak Bintang. Puncak Bintang ini terletak di kawasan pegunungan Bandung, sehingga sensasi matahari terbenam dapat dinikmati dengan baik di sana.

Kawasan wisata seluas 12,2 hektar ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Di sana terdapat berbagai spot foto menarik yang dibangun pada jalan setapak.

Di objek wisata ini juga terdapat dermaga, yang menjadi spot favorit bagi wisatawan. Di atas dermaga ini traveler bisa melihat pemandangan pedesaan dan alam Bandung.

Tak hanya itu, di atas dermaga ini, traveler bisa pemandangan malam harinya. Traveler bisa melihat pemandangan Bandung City Light.

Namun, di kala pandemi COVID-19 seperti saat ini kunjungan hanya dibatasi hingga pukul 18.00 WIB. Bukit Bintang terletak di Cimenyang, Bandung. Harga tiketnya adalah Rp 15.000-25.000.

16. Situ Cisanti

Before After Hulu Citarum (Situ Cisanti)Before After Hulu Citarum (Situ Cisanti). Foto: Dok. Kodam III/Siliwangi

Situ Cisanti adalah objek wisata favorit lainnya yang ada di Bandung, tepatnya di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Situ Cisanti dikenal sebagai titik 0 Citarum.

Obyek wisata ini, memiliki tujuh mata air itu antara lain, mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti. Tujuh mata air ini, sudah menjadi cagar budaya yang dimiliki Pemkab Bandung sejak tahun 2011.

Selain memiliki sumber air yang alami, di mata air itu juga terdapat ikan endemik Jawa Barat yang hidup secara alami, di antaranya ikan paray, benteur, badar dan di Situ Cisantinya ada ikan mas, nilla, mujair danlainnya.

Di samping itu, tulisan 'Titik 0 Citarum' dan Dermaga Cinta yang ada di Situ Cisanti menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk berswafoto. Situ Cisanti buka setiap hari. Harga tiketnya adalah Rp 10.000.

17. Dago Dream Park

Dago Dream ParkDago Dream Park. Foto: Kartika Nurhasanah/d'Traveler

Tempat wisata di Bandung ini umurnya terhitung baru. Namun sudah cukup populer dan banyak dikunjungi.

Dago Dream Park ada di area Dago Giri, tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau. Tempat ini cocok banget buat Anda yang mencari tempat wisata di Dago.

Areanya juga keren banget untuk foto-foto. Apalagi saat malam, cahaya lampu membuat indah tempat ini.

Dago Dream Park terletak di Jalan Dago Giri KM. 2,2, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00-17.00. Harga tiketnya Rp 30.000-40.000.

18. Tropical Vibes

Kafe Tropical Vibes BandungKafe Tropical Vibes Bandung. Foto: Siti Fatimah/detikcom

Meski terletak di dataran tinggi, Bandung juga punya kafe bernuansa bak di pantai. Namanya adalah Tropical Vibes. Kafe ini terletak di di Jalan Ranggamalela nomor 8, Kota Bandung. Kafe ini terdiri atas dua lantai dengan bar berwarna terang ala pantai.

Bar dengan perpaduan warna biru dan pink menyambut kita saat tiba di Tropical Vibes. Selain itu, ada butiran pasir di dekat bar dan kursi santai seperti di pantai yang bisa dipakai oleh pengunjung sambil menikmati minuman yang disajikan.

Beberapa spot foto yang instagramable juga tersedia seperti duduk di kursi santai, ayunan dengan pasir putih, perahu berwarna putih, atau di bagian depan bar Tropical Vibes. Menu yang tersedia juga beragam dari makanan dan minuman yang menyehatkan seperti jus buah-buahan hingga roti kekinian.

Uniknya, jus di sini lebih fresh dengan racikan sendiri seperti jus naga, stroberi, mangga atau ragam smoothies buah lainnya. Didapat langsung dari petani lokal asal Ciwidey, Bandung.

Biasanya untuk mendapatkan healthy food, kita perlu merogoh kocek yang mahal tapi di sini cukup dengan Rp 10 ribu (take away) sampai 20 ribu untuk segelas jus segar dengan pemandangan uniknya.

19. Sprekken Cafe

Sprekken Cafe BandungSprekken Cafe Bandung. Foto: Wisma Putra/detikcom

Bandung juga punya kafe unik lainnya yaitu Sprekken Cafe. Kafe ini bernuansa Eropa khas negeri kincir angin alias Belanda. Kafe ini terletak di Jalan Bangreng, Lengkong, Kota Bandung.

Di bagian depan kafe, kita akan disuguhi tempat nongkrong yang nyaman dan tentunya instagramable. Kursi kayu dan kursi besi, bisa menjadi pilihan pengunjung untuk nongkrong bersama teman atau kerabatnya.

Selain itu, bagian dalam terdapat dua ruang yakni meeting room dan family room. Ruangan dalam memiliki dimensi tempat yang cukup luas dengan kapasitas setiap kursi dan meja bisa digunakan empat orang bahkan lebih.

Tak hanya itu, setiap spot di kafe ini bisa digunakan untuk berswafoto. Pasalnya, lukisan hingga ornamen dan hiasan dinding sangat indah dan pemandangan itu, kerap digunakan pengunjung untuk berswafoto.

Makanan yang ditawarkan adalah menu Indonesia dan western. Misalnya ayam goreng, iga bakar, cumi asin, rice bowl dan beragam minuman. Harga makanannya dibanderol mulai Rp 10.000-80.000.

Tempat wisata di Bandung selanjutnya: Critical 11 Cafe

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA