Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 13 Mar 2021 19:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Giritirta, Curug Hangat Tersembunyi di Pegunungan Banjarnegara

Uje Hartono
detikTravel
Air terjun Giritirta di Banjarnegara, Jateng
Air terjun Giritirta di Banjarnegara, airnya hangat lho (Uje Hartono/detikTravel)
Banjarnegara -

Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki air terjun unik. Salah satunya, curug Giritirta

Curug Giritirta ini cukup spesial. Pemandangan di sekitar air terjun ini masih alami. Selain itu, airnya memiliki suhu 28 derajat celcius.

Obyek wisata ini berada di pegunungan utara Banjarnegara, tepatnya di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara. Kecamatan Pejawaran memang kurang popular untuk destinasi wisata, namun lokasi wisata ini ternyata berada tidak jauh dari dataran tinggi Dieng.

Menariknya lagi, wisata air terjun Giritirta ini memiliki tiga air terjun. Dua di antaranya merupakan air terjun dengan air yang dingin dengan ketinggian mencapai 50 meter dan 60 meter. Adapun, satu air terjun lagi memiliki air hangat dengan suhu sekitar 28 derajat celcius.

Air terjun Giritirta di Banjarnegara, JatengAir terjun Giritirta di Banjarnegara, Jateng Foto: Uje Hartono/detikTravel

Biasanya, dua air terjun dengan ketinggian 60 meter ini cocok digunakan untuk bersantai sambil berswafoto bersama teman dan keluarga. Sementara itu, satu air terjun air hangat ini cocok untuk bermain air sambil melepas lelah.

Dian Kusuma Wardani misalnya. Salah satu wisatawan ini mengaku tidak mau beranjak saat bermain di air terjun air hangat.

"Rasanya enak badan seperti dipijit. Kita bisa bermain air lama, tanpa harus takut bakal kedinginan. Meskipun lokasi wisatanya di pegunungan," ujarnya, Sabtu (13/3/2021).

Terlebih, untuk sampai ke lokasi wisata ini, wisatawan harus berjalan kaki lebih dulu sekitar 500 meter dari lokasi parkir. Dengan pemandangan yang cukup menawan, trekkingnya sih tidak akan terasa berat. Apalagi, hawanya sejuk dan ada suara gemericik air sungai.

"Untuk mencapai lokasi wisata jalan kaki. Tetapi begitu sampai, rasanya terbayar. Karena saya bisa melihat tiga air terjun sekaligus. Dan, satu air terjun airnya hangat," kata dia.

Kepala Desa Giritirta, Yulianti, mengatakan tiket masuk ke air terjun Giritirta dibanderol Rp 5 ribu per orang. Ia mengakui sampai saat ini pengelolaan obyek wisata belum maksimal. Termasuk, akses jalan menuju lokasi.

Air terjun Giritirta di Banjarnegara, JatengAir terjun Giritirta di Banjarnegara, Jateng mempunyai tiga air terjun. Foto: Uje Hartono/detikTravel

"Untuk akses jalan memang belum maksimal. Wisatawan harus jalan dulu. Tetapi, saya yakin begitu sampai langsung terbayar karena air terjunnya bagus. Apalagi ada air terjun yang airnya hangat," kata Yulianti.

Jarak antara satu air terjun dengan air terjun lainnya di air terjun Giritirta ini sekitar 200 meter. Di sisi kanan atau kiri pemandangan alam, dan sungai.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA