Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Mar 2021 20:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Tempat yang Diharapkan Anies Jadi Wisata Religi di Jakarta

Masjid luar batang (Andhika/detikcom)
Foto: Masjid Luar Batang (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Beberapa destinasi di Jakarta diharapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bisa menjadi wisata religi. Hal ini akan menambah kedatangan wisatawan ke kota Jakarta.

1. Masjid Luar Batang

Berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara. Anies yakin revitalisasi yang dilakukan di Masjid Luar Batang akan menjadi wisata religi favoritnya.

Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan Luar Batang menjadi Masjid Cagar Budaya sejak 1993 dan juga merupakan Destinasi Wisata Bahari di Jakarta Utara.

Renovasi terakhir pada Masjid Luar Batang dilakukan pada tahun 2008. Revitalisasi pun dilakukan kembali tahun ini. Bukan hanya pada masjidnya, namun juga kawasan luar batang secara keseluruhan.

"Ke depan Kampung Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta. Bersama-sama dengan Kampung Akuarium yang juga sedang kita bangun di sebelahnya," tulis Anies.

Revitalisasi Masjid Luar Batang Jakarta (Andhika/detikcom)Revitalisasi Masjid Luar Batang Jakarta (Andhika/detikcom) Foto: Revitalisasi Masjid Luar Batang Jakarta (Andhika/detikcom)

2. Museum Nabi Muhammad SAW

Museum Nabi Muhammad SAW akan hadir di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Museum ini disebut akan memberi wawasan sejarah islam di Indonesia, bahkan dunia.

"Museum ini akan menjadi museum terbesar tentang sejarah Nabi Muhammad SAW di luar Saudi Arabia," kata Anises dalam rekaman video YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (11/7/2020) lalu.

Museum akan menampilkan seluruh kehidupan, keteladanan keluarga serta peradaban yang dibangun Nabi Muhammad dengan teknologi 3D, hologram dan augmented reality. Sehingga museum Nabi Muhammad bisa menjadi tempat penelitian bagi santri, mahasiswa, dosen dan peneliti untuk mempelajari kehidupan nabi Muhammad SAW.

Museum ini berada di bawah Liga Dunia Islam. Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla pun bangga Indonesia bisa dipilih menjadi lokasi museum, begitu pula Anies Baswedan. Dia pun berharap museum bisa mendatangkan wisatawan mancanegara.

"Insyaallah ini akan menjadi magnet bagi wisatawan. Bukan hanya Indonesia, tapi dunia," kata Anies dalam Youtube Pemprov DKI Jakarta, (11/7/2020).

Peletakan batu pertama pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW telah dilakukan. Museum itu dibangun di kawasan Ancol, Jakarta.Peletakan batu pertama pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW telah dilakukan. Museum itu dibangun di kawasan Ancol, Jakarta. Foto: Pradita Utama

3. Masjid Istiqlal

Revitalisasi telah dilakukan di Masjid Istiqlal. Kini masjid terbesar di Asia Tenggara itu pun bertambah indah.

Saat renovasi dilakukan, Anies Baswedan juga pernah mengutarakan harapannya agar Masjid Istiqlal bisa menjadi destinasi wisata di Jakarta. Lokasinya yang berdekatan dengan Monas bisa berpengaruh akan datangnya wisatawan.

"Semua yang menyangkut perizinan-perizinan Insyaallah kita akan mudahkan selama semuanya sesuai dengan ketentuan yang ada. Dan kita nanti berharap Istiqlal bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta," kata Anies, Sabtu (11/5/2019).

Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi. Foto: Grandyos Zafna/detikcom


Simak Video "Makam Keramat Luar Batang Tak Pernah Sepi Meski Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA