Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 14:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Citambur yang Megah bak Negeri Dongeng

air terjun citambur
Foto: Curug Citambur di Cianjur (Wisma Putra/detikTravel)
Cianjur -

Indonesia dikenal dengan panorama alam yang luar biasa indah. Salah satunya ada di Cianjur Selatan, berupa Curug Citambur yang megah bak negeri dongeng.

Wisata alam Indonesia tidak hanya mencuri perhatian wisatawan domestik, namun juga mancanegara. Setiap daerah, pasti memiliki satu atau dua tempat wisata alam yang memiliki ciri khasnya sendiri.

Curug Citambur adalah salah satunya. Curug yang berlokasi di Cianjur Selatan, tepatnya di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat ini kenal dengan bentuknya yang tidak biasa alias unik.

Curug ini memiliki tiga undakan dan berbentuk huruf L. Selain itu, Curug Citambur dikenal sebagai harta karun tersembunyi, dikarenakan keberadaannya yang jarang diketahui.

Berbeda dengan curug pada umumnya, Curug Citambur merupakan curug yang dikelilingi oleh dua tebing dan juga berbagai bebatuan hijau yang besar, sehingga terlihat megah dan juga indah bak negeri dongeng yang biasa dideskripsikan oleh majalah atau kartun anak-anak.

air terjun citamburair terjun citambur Foto: Wisma Putra

Namun volume air yang besar menjadikan curug ini jarang digunakan untuk berenang atau mandi. Tapi, traveler masih bisa menikmati pemandangan di tempat-tempat yang sudah disediakan oleh pengelola Curug Citambur.

Saat berwisata, tidak lengkap rasanya bila tidak mengabadikan momen. Tenang, traveler. Pihak pengelola Curug Citambur sudah menyediakan beberapa spot foto untuk mempercantik foto yang akan diambil, sehingga tidak perlu khawatir.

air terjun citamburair terjun citambur Foto: Wisma Putra

Selain itu, Curug Citambur sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti lahan parkir, toilet, warung, dan juga mushola.

Seperti biasa, tidak semua tempat indah memiliki akses yang sama indahnya. Untuk sampai di Curug Citambur, disarankan menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima, sebab akses jalanan disana yang sempit dan juga berbatuan. Walau kondisi jalanan yang tidak begitu bagus, pemandangan Curug Citambur yang indah dapat membayar itu semua.

Dari tempat parkir, traveler harus berjalan kaki untuk mencapai Curug Citambur. Perjalanan sendiri tidak memakan jarak yang terlalu jauh, dilansir dari beberapa sumber, para traveler hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit untuk sampai.

Namun medan jalan yang harus ditempuh cukup menanjak dan berbatu. Sehingga traveler sendiri harus menyiapkan tenaga untuk menempuhnya.

Bagaimana traveler, apa sudah tertarik untuk datang ke Curug Citambur? Untuk informasi lebih lanjut, traveler bisa mengakses akun Instagram @curugcitambur.

Jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak ya!



Simak Video "Cianjur Jadi Contoh Desa Bersih Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA