Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Mar 2021 16:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Anti-mainstream Rasa Luar Negeri, ke Waduk Jatiluhur

Syanti Mustika
detikTravel
Waduk Jatiluhur Jadi KEK
Waduk Jatiluhur Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Purwakarta -

Wisata ke pantai ataupun danau itu sudah biasa. Cobain nih wisata ke waduk terbesar di Indonesia, Waduk Jatiluhur. Cakep euy!

Saat ini Waduk Jatiluhur sedang hangat dibicarakan karena keindahannya di dalam kamera, seperti pemandangan alam Skotlandia. Perlu nih kamu tahu, waduk ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan se-Asia Tenggara lho.

Dirangkum detikcom, Waduk Jatiluhur berada di Purwakarta, Jawa Barat. Bila ingin ke sini bisa melalui Jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di Gerbang Tol Jatiluhur.

Sejarahnya, Waduk Jatiluhur punya nama lain yaitu Waduk Ir H Juanda. Nama Juanda digunakan sebagai nama waduk untuk mengenang jasa perdana menteri Indonesia yang gigih memperjuangkan terwujudnya waduk dengan membendung air Sungai Citarum.

Waduk JatiluhurWaduk Jatiluhur Foto: Johanes Randy

Waduk ini memiliki kapasitas 12,9 miliar meter kubik yang membentang seluas 4.500 km persegi. Besarnya daya tampung juga membuat Waduk Jatiluhur sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia. Juga menjadi waduk terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara lho.

Proyek bendungan air ini dikerjakan oleh kontraktor asal Prancis dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Sukarno pada 1957. Sedangkan waduk ini peresmiannya dilakukan oleh Presiden Suharto pada 1967.

Berjalannya waktu, banyak tempat wisata sekitar waduk yang bisa dikunjungi wisatawan. Tak hanya itu, ragam penginapan pun juga tersedia di sini.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



Jika diperhatikan lamat-lamat dengan sudut yang berbeda, saat kabut atau musim hujan, warna hijau akan mendominasi kawasan waduk lho. Suasana syahdu pun terbentuk, diperindah dengan bunga-bunga yang ada juga di sana. Apalagi di saat cuaca cerah.

Kamu bisa menikmati panorama Gunung Tiga Menara dan Gunung Parang lho. Suasana matahari terbit dan sunset juga eksotis di sini. Nggak kalah cantik dengan alamnya luar negeri deh!

Spot baru main paddle board di Waduk JatiluhurSpot baru main paddle board di Waduk Jatiluhur Foto: Dian Firmansyah/detikcom

Nah, untuk bisa menikmati keindahan waduk, traveler perlu membayar tiket masuk di gerbang jalur wisata. Banyak juga lho aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini lho, seperti pemancingan, pesiar waduk, atau berkemah.

Kamu yang ingin membuktikan sendiri keindahan Waduk Jatiluhur, datang saja langsung ke sini. Harga tiket masuknya adalah Rp 15 ribu per orang (Senin-Jumat) dan Rp 20 ribu per orang saat weekend dan tanggal merah. Jika ingin menikmati ragam wahana, traveler perlu membayar lagi ya.



Simak Video "Tambang Emas Ilegal di Tasikmalaya Ditertibkan Petugas Gabungan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA