Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Mar 2021 17:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 10 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Putu Intan
detikTravel
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor. Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Bogor -

Kebun Raya Bogor adalah salah satu destinasi wisata primadona di Bogor. Dengan harga tiket ramah di kantong, traveler bisa melakukan segudang aktivitas di sana.

Setelah sepekan bekerja, agaknya traveler yang merasa suntuk dapat rileks sejenak dan melakukan penyegaran di Kebun Raya Bogor. Di kebun seluas 87.000 hektar ini, traveler dapat melihat 15.000 jenis tumbuhan.

Meski dikenal sebagai pusat konservasi, nyatanya Kebun Raya Bogor juga menyuguhkan berbagai aktivitas wisata menarik, lho. detikcom merangkumnya menjadi 10 hal yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Bogor dengan membayar tiket masuk Rp 15.000.

1. Melihat koleksi tumbuhan

Taman tematik di Kebun Raya BogorTaman tematik nepenthes di Kebun Raya Bogor. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Jika sudah sampai di Kebun Raya Bogor, belum lengkap bila tak melihat koleksi tumbuhannya. Koleksi ini dapat traveler temui di pinggir jalan utama maupun di taman-taman tematiknya.

Taman tematik yang ada di sana adalah Taman Meksiko yang menyimpan koleksi tanaman kaktus, Taman Bambu tempat tumbuhnya berbagai jenis bambu, Taman Araceae yang menyimpan kekayaan flora Indonesia dari suku Araceae (talas-talas), dan Taman Akuatik yang merupakan habitat tumbuhan air.

Ada pula 4 taman tematik yang baru direvitalisasi lho. Taman itu adalah Taman Obat yang berisikan tumbuhan obat dan Taman Orchidarium yang berisikan anggrek, lalu Taman Kopi tempat tumbuhnya kopi jenis arabica dan robusta, serta Taman Durian yang menjadi habitat khas Kalimantan.

2. Melihat Istana Bogor

Kebun Raya BogorIstana Bogor. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Istana Bogor yang menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo juga terdapat dalam kompleks Kebun Raya Bogor. Traveler dapat melihat bangunan Istana Bogor beserta kolam gunting tempat teratai raksasa tumbuh.

Namun ingat ya, traveler tak boleh sembarangan melangkah ke area halaman apalagi masuk ke istana. Di sana ada petugas keamanan yang menjaga dan akan mengingatkan bila traveler masuk terlalu jauh dari batas yang ditentukan.

3. Piknik

Angin kencang yang melanda wilayah Bogor membuat banyak pohon di Kebun Raya Bogor ditutup sementara. Namun, kini tempat wisata itu kembali dibuka untuk umum.Piknik di Kebun Raya Bogor. Foto: Lamhot Aritonang

Piknik di Kebun Raya Bogor juga bisa menjadi alternatif kegiatan seru, nih! Karena di Kebun Raya Bogor terdapat banyak area hijau, traveler dapat menggelar tikar sambil bersantai dan bersantap.

Meskipun diizinkan dan gratis, traveler harus tetap menjaga kebersihan, ya! Ingat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya seusai piknik.

4. Bersepeda

Presiden Jokowi ditemani Kaesang Gowes di Kebun Raya BogorPresiden Jokowi ditemani Kaesang Gowes di Kebun Raya Bogor Foto: Presiden Jokowi ditemani Kaesang Gowes di Kebun Raya Bogor (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pecinta gowes pasti senang nih, karena kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Bogor adalah bersepeda. Traveler diizinkan untuk masuk ke area Kebun Raya Bogor dengan membawa sepeda.

Tapi bagi yang tidak punya sepeda jangan sedih karena di sana disediakan sepeda sewaan. Cukup dengan membayar Rp 25 ribu untuk sepeda keranjang atau Rp 30 ribu untuk sepeda gunung, kamu sudah bisa berkeliling Kebun Raya Bogor selama satu jam.

5. Keliling kebun naik mobil sewaan

Traveler yang ingin mengelilingi Kebun Raya Bogor tapi malas berjalan kaki, dapat menyewa golf car. Golf car ini dapat traveler kemudikan sendiri dengan harga sewa per jam yang bervariasi.

Untuk mobil dengan 4 kursi dikenakan biaya Rp 200 ribu di hari biasa sedangkan akhir pekan dan hari libur biayanya Rp 250 ribu. Lalu untuk yang kursinya 6, harga sewanya adalah Rp 250 ribu di hari biasa dan Rp 300 ribu pada akhir pekan dan hari libur.

Jika traveler ingin melakukan trip sendiri juga bisa, biayanya Rp 75 ribu dan untuk dua orang Rp 100 ribu. Khusus untuk trip ini hanya bisa dilakukan di hari Senin-Jumat.

Selain golf car, di Kebun Raya Bogor juga ada Shuttle Bus. Traveler dapat memanfaatkan kendaraan ini dengan membayar Rp 25 ribu per orang untuk sekali naik.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA