Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Mar 2021 17:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Taman Baru di Kebun Raya Bogor, Cocok Dikunjungi saat Akhir Pekan

Putu Intan
detikTravel
Taman tematik di Kebun Raya Bogor
Taman nepenthes yang didesain dalam bentuk green house. Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Bogor -

Kabar gembira untuk traveler yang ingin liburan murah meriah di Bogor. Traveler bisa mengunjungi 4 taman tematik baru di Kebun Raya Bogor.

Taman tematik ini baru dioperasikan pada tahun 2020. Setiap taman ini memiliki jenis tumbuhan tertentu yang dibudidayakan, mulai dari kantong semar (nepenthes), anggrek hitam dan obat, durian, dan kopi.

General Manager Kebun Raya Bogor Marga Anggrianto menjelaskan kepada detikcom, pembangunan taman ini merupakan kerja sama dengan Pertamina. Tujuannya adalah untuk mempercantik dan edukasi wisata.

"Jadi ada empat taman yang didukung Pertamina dengan tujuan pelestarian lingkungan. Saya rasa ini positif sehingga kita bisa memaksimalkan fungsi eduwisata dan pelayanan publik di Kebun Raya Bogor," kata Marga.

Selain membangun taman, Pertamina juga memberikan koleksi tanaman yang mereka miliki untuk tumbuh di empat taman tematik ini. Ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR Pertamina pada masyarakat.

"Dukungan dari Pertamina itu tentu saja memperbaiki tempat. Tempat jadi lebih baik, lebih cantik dan memberi sumbangan beberapa tanaman," ujarnya.

Taman tematik di Kebun Raya BogorPengunjung hanya perlu memindai barcode untuk mengetahui profil tumbuhan. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Nah, sesuai dengan tujuan eduwisata tadi, Kebun Raya Bogor memberikan plang informasi di setiap tanaman. Uniknya, informasi itu dapat traveler baca dengan cara memindai barcode. Canggih, bukan?

"Untuk mengikuti tren digital sekarang jadi kita setiap kali ada tanaman yang ada unsur edukasinya, khususnya di taman lingkungan Pertamina sudah ada QR Code. Jadi akan bisa membawa informasi ini ke handphone pengunjung, langsung bisa dibaca," Marga menerangkan.

detikcom pun sempat berkeliling ke empat taman tematik itu. Berikut ini deskripsi setiap taman baru di Kebun Raya Bogor:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kebun Raya Bogor Sudah Dibuka Kembali untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA