Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Mar 2021 12:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Candi Prambanan, Peninggalan Sejarah Hindu Terbesar di Indonesia

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Lena Ellitan/d'traveler)
Sleman -

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata yang tidak dapat dilewatkan, terlebih lagi untuk para traveler yang baru pertama kali mengunjungi Yogyakarta.

Candi yang dibangun pada pertengahan abad ke sembilan ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dengan ketinggian bangunan sekitar 47 meter. Candi ini pun memiliki beberapa bangunan dengan tinggi berbeda dengan hiasan yang tidak hanya memiliki arti sejarah, namun memberikan kesan megah pada candi tersebut.

Pembangunan candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai sang pencipta, Wishnu sang pemelihara, dan juga Siwa sang pemusnah.

Dilansir dari berbagai sumber, hingga saat ini Candi Prambanan buka setiap hari pada jam delapan pagi hingga jam tiga sore. Bila traveler ingin pergi siang, disarankan untuk membawa payung agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

Candi Prambanan memiliki area yang sangat luas. Bahkan dilansir dari berbagai sumber, terdapat 240 candi yang berdiri di komplek ini. Dapat dibayangkan bukan seberapa luasnya kawasan Candi Prambanan ini? Traveler dapat puas berjalan kaki mengintari satu candi ke candi lainnya dengan keunikan yang berbeda-beda.

Selain bisa memandangi candi yang merupakan warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO ini, traveler dapat menonton pertunjukan budaya yang disediakan oleh pihak pengelola Candi Prambanan seperti pertunjukan Ramayana Ballet.

Sama seperti namanya, Ramayana Ballet merupakan pertunjukan budaya yang menceritakan tentang kisah Rama dan Shinta. Pertunjukan ini diadakan di panggung terbuka Candi Prambanan.

Candi Prambanan sendiri merupakan tempat wisata yang dikelola dengan apik, sehingga para traveler tidak perlu khawatir dengan keadaan Candi Prambanan itu sendiri.

Sama seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan memiliki fasilitas yang lengkap seperti parking area, restoran, toilet, mushola, dan lain-lain. Sehingga para traveler tidak perlu merasa cemas akan kelayakan candi yang satu ini ya.

Lantas bagaimana dengan harga tiketnya? Dilansir dari borobudur park, tiket masuk Candi Prambanan seharga Rp.50.000 untuk pengunjung di atas 10 tahun, dan Rp.25.000 untuk pengunjung berusia 3 sampai 10 tahun.

Bagaimana traveler, tertarik untuk mengunjungi Candi Prambanan? Ada baiknya traveler untuk selalu mencari informasi mengenai tempat wisata yang satu ini, dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan juga menjaga jarak ya!



Simak Video "Sopir Ngantuk Sebabkan Tabrakan Beruntun 11 Kendaraan di Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA