Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Apr 2021 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sumbar Punya Padang Rumput Mirip New Zealand, Sudah Tahu?

Jeka Kampai
detikTravel
Padang rumput ala New Zealand
Foto: Padang rumput di Sumbar mirip New Zealand (Jeka Kampai/detikTravel)
Kabupaten 50 Kota -

Ingin melihat pemandangan ala peternakan sapi di New Zealand dengan hamparan rumput yang luas? Tak perlu harus jauh-jauh ke sana, di Sumbar juga ada kok.

Cukup datang ke Sumatera Barat saja, tepatnya ke Padang Mengatas (orang Padang mengenalnya dengan Padang Manggateh) di Kabupaten 50 Kota.

Kalau dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Manggateh bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 3 jam-an. Tapi kalau starting point-nya dimulai dari Kota Bukittinggi atau Payakumbuh, tentu lebih dekat lagi.

Peternakan Padang Manggateh adalah Balai pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) yang merupakan salah satu Unit Pelaksana teknis pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian RI.

Kepala BPTUHPT Padang Mengatas, Gigih Tri Pambudi menyebutkan, luas areal peternakan 280 hektar, yang terdiri dari wilayah padang pengembalaan, kebun rumput dan lokasi perkandangan serta perkantoran.

Padang rumput ala New ZealandPadang rumput ala New Zealand Foto: Jeka Kampai/detikTravel

Sedangkan jumlah sapi di tempat itu terdapat 1.300 ekor lebih. Jenis sapi yang ada mayoritas adalah sapi Simmental, Limousin, Pesisir dan terdapat beberapa populasi Belgian Blue.

Sapi-sapi yang bebas berkeliaran di sepanjang padang rumput itulah yang membuat pemandangannya menjadi asyik. Keindahan rumput hijau bersatu dengan langit biru yang luas, ditemani sensasi udara sejuk di kaki Gunung Sago, benar-benar menjadikan lokasi ini tempat yang pas melepas penat.

Kita dibuat seolah-olah berada di tengah Padang Savana, New Zealand.

"Orang bilang di sini seperti di New Zealand. Jadi kami sebut di sini dengan Bukit New Zealand," kata Gigih kepada detikTravel di salah satu puncak yang sering menjadi spot pengunjung foto-foto.

Padang rumput ala New ZealandPadang rumput ala New Zealand Foto: Jeka Kampai/detikTravel

Keindahan Padang Manggateh membuat banyak orang yang ingin berkunjung. Namun, pihak pengelola masih melakukan pembatasan, karena kawasan ini belum menjadi lokasi wisata murni.

Meski begitu, pihak BPTUHPT akan melayani kehadiran pengunjung, dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui surat elektronik melalui situs https://bptupadangmengatas.com/kunjungan.

Selanjutnya ---->> Peninggalan Hindia Belanda dan Puncak Jokowi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Suhu Makin Panas, Gurun Pasir di Rusia Bertambah Luas"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA