Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Apr 2021 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Murah Meriah ala Warga, Nonton Pesawat di Bandara YIA

Warga Nonton Pesawat di Bandara YIA
Foto: Warga Kulon Progo nonton pesawat di bandara YIA (Jalu Rahman Dewantara/detikTravel)
Kulon Progo -

Bagi warga Kulon Progo, bahagia itu sederhana. Sesederhana nonton pesawat mendarat dan lepas landas dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Menyaksikan momen pendaratan dan lepas landas pesawat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta kini jadi salah satu ajang rekreasi masyarakat. Aktivitas ini bisa untuk mengisi waktu luang selama menjalani puasa di bulan Ramadan.

Setiap harinya, baik pagi setelah salat subuh maupun sore jelang berbuka puasa, YIA selalu ramai dipadati manusia. Terutama di sisi selatan bandara yang merupakan kawasan Pantai Glagah dan Congot.

Disekat pagar pembatas, tempat itu jadi lokasi favorit masyarakat untuk melihat langsung proses pendaratan maupun lepas landas pesawat.

Pengunjung yang datang ke lokasi tersebut tak kenal usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga para lansia. Adapula yang datang dengan memboyong keluarga lengkap.

Warga Nonton Pesawat di Bandara YIAWarga Nonton Pesawat di Bandara YIA Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikTravel

Para pengunjung kebanyakan berasal dari Kulon Progo. Namun ada juga yang dari luar daerah, seperti halnya Ferdian Setyawan (17), wisatawan asal Bantul.

"Tadi datang sejak pukul 06.00 WIB sama kakak keponakan, ke sini ya cuma mau nonton pesawat aja," ungkap Ferdian saat ditemui di lokasi Minggu (18/4/2021) pagi.

Ferdian mengaku sudah tiga kali datang ke lokasi tersebut hanya untuk menyaksikan momen pendaratan dan lepas landas pesawat.

"Ini yang ketiga, kalau sebelumnya datang pas sebelum Ramadan, dan biasanya sore hari, cuma khusus kali ini mau coba pagi-pagi sekalian main," ujarnya.

Warga Nonton Pesawat di Bandara YIAWarga Nonton Pesawat di Bandara YIA Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikTravel

Momen pendaratan dan lepas landas pesawat di YIA juga menarik perhatian para pegiat fotografi, salah satunya Fitri Ermawati (45). Perempuan asal Bantul itu datang bersama suaminya ke sisi selatan bandara sejak pukul 05.00 WIB.

"Sudah beberapa kali sih ke sini, mulainya sejak akhir tahun kemarin, awalnya ya cuma pengen main ke pantai aja, tapi kok lihat di sini ada spot enak dan depan Apron pula jadinya motret sekalian aja," kata Fitri.

Pegiat fotografi seperti Fitri biasanya datang lokasi tersebut saat momen-momen tertentu. Seperti hari itu, Fitri sengaja datang untuk memotret kedatangan pesawat kargo asal Rusia, Volga-Dnepr di landasan pacu YIA.

Rencana Pembangunan Spot Khusus

PT. Angkasa Pura 1 selaku pengelola bandara YIA menyadari bahwa minat masyarakat untuk menyaksikan momen pendaratan dan lepas landas pesawat di YIA cukup tinggi. Karena itu perseroan berencana membangun spot khusus untuk mengakomodir aktivitas tersebut.

"Setiap pagi maupun sore di sisi luar pagar pembatas bandara ini ramai masyarakat yang ingin menonton pesawat, oleh karena itu kami ada rencana membangun spot khusus di sana," kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama.

Pandu belum menjelaskan secara rinci mengenai bentuk spot yang akan dibangun itu. Namun yang pasti kata dia, kehadiran spot khusus itu diklaim akan memudahkan para penggiat fotografi aviasi dalam mengambil gambar pesawat dengan tetap berada di area aman.

"Tentunya dengan spot ini nantinya yang suka foto-foto pesawat jadi lebih gampang ya," pungkasnya.



Simak Video "Sepinya Bandara Husein Sastranegara, Maskapai Batalkan Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA