Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Apr 2021 04:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Warung Surfing Pertama di Pantai Parerenan Canggu

Bonauli
detikTravel
Surfing di Pantai Batu Mejan Canggu
Surfing di Pantai Parerenan (Grandy/detikFOTO)
Canggu -

Canggu dan keindahan ombaknya adalah dua hal yang tak terpisahkan. Dikenal sebagai surga untuk para surfer, Canggu sangatlah eksotis.

Salah satu pantai yang bisa menjadi pilihan untuk surfing adalah Pantai Parerenan. detikTravel singgah di pantai itu dalam rangkaian perjalanan Road Trip Java-Bali with IONIQ Electric Hyundai.

Pantai Parerenan cukup ramah untuk pelancong. Di pantai itu ada banyak gerai dan warung surfing di sepanjang pantainya. Tak hanya minuman untuk menikmati pantai, mereka juga menawarkan paket belajar surfing.

Surfing di Pantai Batu Mejan CangguSurfing di Pantai Batu Mejan Canggu Foto: (Grandy/detikFOTO)

Dari sekian banyak warung ada satu yang menjadi legenda, Barack Beach Bar. Berada di bagian tengah dari jajaran warung, Barack Beach Bar adalah kedai yang pertama buka di Pantai Parerenan.

Semua bermula ketika Ajik Barack, sang empunya bar, melihat potensi surfing di Canggu. Saat itu tahun 2012, Bali menjadi tuan rumah dari kejuaraan surfing dunia. Barulah pada tahun 2013, Ajik terinspirasi untuk membuka warung surfing.

"Laut menjadi bagian dari hidup saya. Dari kecil saya senang surfing, kemudian saya membuka warung kecil pertama di sini," ujarnya.

Tahun 2014-2015, Pantai Parerenan akhirnya mendapat perhatian dari surfer internasional. Maklum, olahraga ini memang favorit bule.

Setelah melihat warungnya sukses dipenuhi turis, banyak orang lokal yang meminta izin Ajik untuk buka warung di sebelahnya. Ajik tak pernah mempermasalahkan dan membantu mereka untuk berkembang.

"Dari sana saya susunlah warung-warungnya, jadilah begini," dia mengisahkan.

Surfing di Pantai Batu Mejan CangguSurfing di Pantai Batu Mejan Canggu Foto: (Grandy/detikFOTO)

Kini, Ajik memiliki sekitar empat gerai yang berjajar di samping Barack Beach Bar. Selain warung, ada penyewaan alat surfing sampai toko oleh-oleh.

Barack Beach Bar menjadi patokan biaya kursus dan penyewaan alat. Biaya kursus di sini adalah Rp 350 ribu per dua jam. Selain pelatih, ada alat juga yang akan dipinjamkan.

Siang yang menyengat, membuat Pantai Parerenan ini sepi. Perlahan mulai teduh di sore hari, wisatawan terlihat surfing di sana. Kebanyakan memang wisatawan asing, tak sedikit yang datang bersama keluarga.

"Kalau yang datang ke sini sekarang ekspat saja, yang sudah tinggal di Bali," kata dia.



Simak Video "Berkuda Menikmati Keindahan Persawahan dan Pantai di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA