Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Apr 2021 14:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Spesial dari Kebun Raya Bogor Saat Libur Lebaran 2021

Putu Intan
detikTravel
Angin kencang yang melanda wilayah Bogor membuat banyak pohon di Kebun Raya Bogor ditutup sementara. Namun, kini tempat wisata itu kembali dibuka untuk umum.
Kebun Raya Bogor. Foto: Lamhot Aritonang
Bogor -

Saat libur Lebaran 2021, Kebun Raya Bogor menyediakan berbagai kegiatan seru untuk wisatawan yang tak bisa mudik. Traveler bisa menikmati aneka bazar hingga tur keliling taman.

Direktur Operasional PT Mitra Natura Raya (MNR) Aulia Mahariza menjelaskan untuk meramaikan Lebaran 2021, Kebun Raya Bogor akan mengadakan acara Taman Hari Raya (THR). Acara berupa bazar ini akan berlangsung mulai 13-16 Mei 2021.

"Bazar THR untuk meramaikan Idul Fitri 1442 H akan diadakan di area Kebun Raya, yakni Bogor, Cibodas, Purwodadi serta Eka Karya Bali. Publikasi media massa sudah tentu memiliki andil dalamnya, dalam penyebaran informasi-informasi itu kepada masyarakat," kata dia.

Adapun berbagai barang yang dijual dalam bazar itu antara lain berupa makanan dan minuman, tanaman hias, perlengkapan berkebun, dan aneka merchandise lainnya. Tak sampai di situ, dalam acara THR ini juga ada tur keliling Kebun Raya Bogor atau disebut sebagai tour de Kebun Raya.

Di samping dapat menikmati bazar THR, traveler yang datang ke Kebun Raya Bogor juga dapat menikmati wahana Taman Tematik yang berisi aneka koleksi tanaman dengan fasilitas informasi berbasis digital. Taman yang dapat dikunjungi adalah Taman Nephentes, Taman Obat dan Orchidarium, Taman Durian, Taman Bromelia dan Taman Kopi.

Jika traveler ingin nongkrong sambil menikmati kuliner khas Kebun Raya Bogor, bisa juga datang ke Resto Raasaa. Lalu jika ingin pulang membawa oleh-oleh, traveler dapat berbelanja di toko suvenir Olive Store.

"Ke depannya kami akan mengembangkan Olive Store sebagai pusat suvenir. Adapun Resto Raasaa merupakan destinasi restoran yang menyajikan aneka makanan dengan cita rasa nusantara," ujar Aulia.

Terkait dengan kesiapan Kebun Raya Bogor dalam menerima kunjungan wisatawan di libur Lebaran 2021, pengelola menyampaikan telah memiliki sejumlah langkah pengetatan protokol kesehatan. Ini bertujuan agar kegiatan wisata tetap aman di tengah pandemi COVID-19.

"Bazar nanti akan tersebar sehingga tidak terjadi kerumunan dan kami juga memberikan atraksi di spot-spot yang masih jarang dikunjungi orang. Untuk protokol kesehatan kami juga sudah mendapatkan juara 2 untuk pelaksanaan protokol kesehatan terbaik di Bogor, jadi setiap protokol akan dilakukan dan dijaga," kata Director Marketing and Revenue PT MNR, Michael Bayu.

Di samping itu, karena Kebun Raya Bogor merupakan ruang terbuka hijau, ini menjadi keuntungan untuk memecah kerumunan wisatawan. Akan tetapi pihaknya tetap akan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengingatkan pengunjung bila berkerumun.

"Dengan luas area 84 hektar ini menjadi sebuah advantage. Kami tetap memberlakukan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi). Ada petugas keamanan yang akan mengingatkan, lalu di spot piknik juga sudah kami tandai dalam bentuk lingkaran-lingkaran untuk menjaga jarak," ia menjelaskan.

Selama libur Lebaran 2021, Kebun Raya Bogor beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.



Simak Video "Kebun Raya Bogor, Melihat Keindahan Hijau dalam Koleksi Taman Botani"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA