Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Mei 2021 05:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lucu tapi Galak, Ini Monyet-monyet Taman Nasional Bali Barat

Bonauli
detikTravel
Monyet di Taman Nasional Bali Barat
Monyet di Taman Nasional Bali Barat (Grandy/detikFOTO)
Buleleng -

Taman Nasional Bali Barat kerap terlewatkan dari wisatawan. Padahal, traveler bisa melihat lebih dekat monyet-monyet lucu di sana.

Saat menyeberang dari Banyuwangi ke Bali, Taman Nasional Bali Barat jadi satu-satunya jalur yang dilewati. Tim Road Trip Java-Bali with IONIQ Electric Hyundai pun melewatinya.

Pepohonan yang hijau menjadi suguhan. Jalur ini memang paling cantik saat pagi dan siang hari. Panas matahari tak akan terasa di sana.

Selagi di sana, coba pelankan laju kendaraanmu. Kalau menggunakan mobil, turunkan kaca dan nikmati nyanyian pepohonan yang harmonis dengan angin. Dahan pepohonan naik turun seakan melambai kepada semua yang melaju di sana.

Monyet di Taman Nasional Bali BaratMonyet di Taman Nasional Bali Barat Foto: (Grandy/detikFOTO)

Selain pepohonan, kamu juga akan melihat gerombolan monyet liar. Kalau melihat mereka, tutup semua kaca mobil dan jangan membuka pintu ya.

Biarpun menggemaskan, mereka sangat liar dan pemarah. Tak sedikit pengunjung yang tergoda untuk berhenti dan menggoda mereka. Hasilnya, mereka akan marah dan mencuri barang-barang yang berada di dekatmu.

Di sepanjang jalan sudah ada peringatan untuk tidak memberi makan monyet liar. Karena itu bisa membuat mereka kebiasaan dan memaksa untuk diberi makan.

Monyet di Taman Nasional Bali BaratMonyet di Taman Nasional Bali Barat Foto: (Grandy/detikFOTO)

Parahnya lagi, karena banyak orang yang melemparkan makanan, monyet-monyet ini cukup berani nongkrong hampir ke area jalan. Bayangkan kalau kamu memberi makan dan mereka tak sengaja tertabrak? Duh, jangan deh ya!

Jika memang ingin memotret mereka, cukup posisikan mobil di dekat mereka tanpa membuka kaca mobil. Karena terbiasa dengan manusia, monyet-monyet liar ini akan langsung mendekat jika ada kendaraan berhenti.

Monyet di Taman Nasional Bali BaratMonyet di Taman Nasional Bali Barat Foto: (Grandy/detikFOTO)

Monyet-monyet ekor panjang atau biasa disebut Macaca fascicularis bisa kamu temukan puluhan di sepanjang jalan ini. Mulai dari yang besar sampai betina menggendong bayi monyet pun bisa kamu temukan.

Yang lucunya, monyet betina dengan bayi dirangkulan mereka seperti duduk bergerombol bersama. Sekali lagi, kalau mau foto hati-hati, ya!



Simak Video "Penampakan Monyet-monyet yang Kelaparan di Bali Serbu Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA