Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Mei 2021 13:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

6 Jenis Babi di Indonesia, Babi Kutil Sampai Babi Berjenggot

Femi Diah
detikTravel
Babi terjelek di dunia tertangkap kamera di hutan Jawa
Foto: dok. AFP
Jakarta -

Indonesia memiliki bermacam-macam babi. Apa saja ya? Berikut daftarnya.

Babi merupakan mamalia dalam ordo artiodactyla atau berkuku genap. Babi asli Indonesia merupakan babi yang tinggal di hutan-hutan.

Babi hutan memiliki nama ilmiah Sus scrofa. Babi hutan sering pula disebut celeng. Babi hutan merupakan hewan pemakan segala yang oportunistik, sehingga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi.

Babi hutan bisa hidup di berbagai macam tipe habitat, mulai dari semi-padang pasir, hutan temperate (hutan gugur di kawasan empat musim), padang rumput, maupun hutan tropis. Babi hutan adalah hewan yang relatif pandai, waspada, dan mudah terkejut.

Merujuk keterangan Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, Indonesia mempunyai jenis babi endemik. Satwa yang hanya ada di nusantara ini dikategorikan sebagai satwa langka dan statusnya Rentan (Vulnerable/VU) yang ditetapkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Berikut enam babi endemik Indonesia:

1. Babi Rusa (Babyrousa)

Babi rusa dapat ditemukan di sekitar pulau Sulawesi, seperti Togean, Sulu, dan Buru. Babi rusa menempati hutan hujan dataran rendah, di mana terdapat aliran sungai, sumber air, rawa, dan kubangan air.

Taring babi rusa jantan panjang dan melengkung. Bahkan, taringnya tumbuh panjang hingga melebihi tinggi moncong. Sementara, taring atas tumbuh menembus moncong dan melengkung hingga menyentuh dahi.

Pada beberapa kasus, ujung taring ini bisa menembus dahi. Taring ini bisa tumbuh hingga lebih dari 40 sentimeter panjangnya.

Sementara itu, taring betina lebih pendek atau malah tidak menumbuhkan taring sama sekali.

Babi ini masuk dalam kategori hewan dilindungi undang-undang Permen LHK nomor P.106/2018.

2. Babi Rusa Togean (Babyrousa togeanensis)

Hewan ini masuk dalam jenis babi terbesar dalam spesiesnya. Babi rusa Togean merupakan hewan endemik Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Ciri jantan Babi Rusa Togean memiliki dua taring besar menembus kulit moncongnya. Ukuran taringnya dapat mencapai 30 centimeter.

3. Babi Rusa Buru (Babyrousa babyrussa)

Babi Rusa Buru ini hewan endemik dari Pulau Buru, Mangoli, Taliabu di Kepulauan Mauluku. Babi Rusa Buru jantan memiliki ciri khas taring di rahang atas berukuran pendek dan ramping, bersilang dengan taring rahang bawah di sisi mulut.

Status babi ini dikategorikan sebagai hewan rentan oleh Vulnerable/VU.

4. Babi Berjenggot (Sus barbatus)

Babi dengan nama unik ini, babi berjenggot, aktif di malam hari. Babi ini memiliki rambut di sepanjang rahang bawah dan menyerupai janggut yang menjadi ciri khas dibandingkan dengan babi jenis lain.

Pada saat muda, biasanya babi ini memiliki janggut kehitaman dan menjadi pucat seiring bertambahnya usia. Babi berjanggut juga memiliki dua pasang benjolan mirip kutil di kedua sisi mulutnya yang ditutupi rambut panjang, kaku, dan berwarna keputihan.

babi berjanggut merupakan hewan pemakan segala.dari buah-buahan, biji, serangga, hingga bangkai hewan lain. Mereka selalu berpindah menuju tempat dengan makanan melimpah.

Spesies ini masuk kategori Rentan IUCN sejak 2008. penyebabnya, hilangnya habitat dan diburu.

[Gambas:Instagram]



5. Babi Kutil (Sus verrucosus)

Babi kutil ini merupakan hewan endemik Pulau Bawean. Ciri khas babi ini terdapat tiga pasang tonjolan daging yang mengeras seperti kutil seukuran buah anggur.

Babi kutil ini masuk dalam kategori endangered atau terancam pada IUCN redlist.

6. Babi Sulawesi (Sus celebensis)

Babi Sulawesi atau celebes warty pig terdapat di Sulawesi, Flores, Nias, dan Pulau Seram. Babi ini memiliki ciri badan pendek, warna abu-abu kehitaman. Babi ini memiliki kutil di wajahnya.



Simak Video "Penjelasan Ibu di Depok Penuding Tetangga Babi Ngepet"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA