Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mei 2021 20:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Tempat Wisata di Purwakarta Buat Habiskan Libur Lebaran 2021

Tim detikcom
detikTravel
Waduk Jatiluhur Jadi KEK
Waduk Jatiluhur salah satu obyek wisata menarik di Purwakarta Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Jakarta -

Purwakarta menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi saat musim liburan. Berikut ini rekomendasi objek wisata di Purwakarta.

Selain kawasan Puncak yang jadi destinasi favorit warga Jabodetabek, Kabupaten Purwakarta juga menjadi alternatif lokasi libur Lebaran 2021. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta, membuat Purwakarta kerap dipilih untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Purwakarta sendiri memiliki beragam objek wisata yang didominasi wisata alam. Nah, bagi traveler yang ingin menikmati udara segar dan hijaunya alam, cocok nih datang ke Purwakarta.

Berikut ini 9 tempat wisata di Purwakarta yang detikcom rekomendasikan:

1. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan di PurwakartaBukit Panenjoan di Purwakarta. Foto: (Tri Ispranoto/detikTravel)

Bukit Panenjoan menyuguhkan pemandangan alam berupa tebing serta pegunungan yang indah. Lokasinya berada di Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang, traveler sudah bisa menikmati indahnya alam dan berburu foto instagramble.

2. Gunung Lembu

Gunung Lembu di PurwakartaGunung Lembu di Purwakarta Foto: Muhammad Idris/detikTravel

Menikmati libur Lebaran 2021, tak ada salahnya mendaki Gunung Lembu yang terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani.

Gunung setinggi 792 mdpl ini menawarkan pemandangan nan cantik. Dari sana, traveler juga bisa melihat Waduk Jatiluhur.

3. Cikao Park

Tempat wisata Cikao Park, Purwakarta, bersiap melaksanakan rencana penerapan new normal. Sejumlah protokol kesehatan pun mulai diterapkan di tempat wisata itu.Tempat wisata Cikao Park, Purwakarta, bersiap melaksanakan rencana penerapan new normal. Sejumlah protokol kesehatan pun mulai diterapkan di tempat wisata itu. Foto: Dian Firmansyah

Nah, bagi traveler yang liburan bareng keluarga, cocok nih datang ke Cikao Park. Di sana traveler dapat menikmati fasilitas berupa Water Park, Taman Satwa, Lampion Garden hingga Rumah Ilusi.

Cikao Park berlokasi di Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Kecamatan Sukatani. Tiket masuknya dibanderol Rp 25 ribu-75 ribu untuk setiap area wisata.

4. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang PurwakartaPasir Langlang Purwakarta Foto: dok. Pemkab Purwakarta

Wisata Purwakarta berikutnya adalah hutan pinus cantik bernama pasir Langlang Panyawangan. Selain menikmati suasana hutan, traveler juga dapat menikmati aktivitas berkemah, bersepeda downhill, atau hiking.

Pasir Langlang Panyawangan ini terletak di Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta. Tak jauh dari sana terdapat pula objek wisata Curug Pamoyanan dan Goa Jepang.

5. Taman Batu

pemandianTaman Batu. Foto: (Mukhlis Dinillah/detikTravel)

Taman Batu merupakan tempat wisata di Purwakarta yang sedang naik daun. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati berbagai bentuk bebatuan yang indah, hingga suasana desa yang asri.

Wisatawan bisa mengunjungi Taman Batu di alamat Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Lokasinya sekitar 30 km dari pusat kota. Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp 20.000 per orang.

6. Waduk Jatiluhur

Spot baru main paddle board di Waduk JatiluhurSpot baru main paddle board di Waduk Jatiluhur Foto: Dian Firmansyah/detikcom

Wisata ke Purwakarta belum afdol bila tak berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Pasalnya, tempat wisata di Purwakarta ini merupakan ikon kota Purwakarta sekaligus dinobatkan sebagai waduk terbesar di Indonesia.

Selain pemandangan waduk, ada berbagai arena permainan yang bisa dinikmati, seperti waterpark di sini. Adapun, biaya masuk ke Waduk Jatiluhur dipatok antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per orang.

7. Tebing Boyer

[Gambas:Instagram]



Tebing Boyer merupakan kenampakan alam berupa batuan yang susun di kawasan Waduk Jatiluhur. Tepatnya, berada di Kampung Talun, Desa Tajusindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Harga tiket masuk per orang dibanderol Rp 5.000 sedangkan biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

8. Parang Gombong

[Gambas:Instagram]



Parang Gombong merupakan tempat yang pas untuk menikmati sunrise dan sunset. Selain itu, traveler juga bisa kemping di sini.

Parang Gombong berada di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Pengunjung tidak dikenai harga tiket masuk tetapi membayar sewa lokasi untuk kempung sebesar Rp 10.000. Lalu untuk biaya parkir adalah Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

9. Gunung Bongkok

Merayakan HUT RI ke-75 sebuah bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di tebing Gunung Bongkok, Purwakarta. Seperti apa?Merayakan HUT RI ke-75 sebuah bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di tebing Gunung Bongkok, Purwakarta. Seperti apa? Foto: Pool/Wisnu

Gunung Bongkok cocok untuk traveler yang menyukai hiking pendek. Cukup menyiapkan waktu dua jam, traveler bisa mencapai puncak gunung yang berada di ketinggian 985 mdpl.

Kegiatan yang bisa dilakukan adalah kemping sambil menikmati momen matahari terbit.

Untuk memasuki kawasan ini, traveler perlu membayar retribusi sebesar Rp 12.000 dan tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang bisa kamu datangi untuk liburan. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan selama berwisata agar terhindari dari virus COVID-19.



Simak Video "Antisipasi Penyebaran Corona Saat Libur Nataru di Cikao Park Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA