Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Mei 2021 11:54 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon Progo

Menikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon Progo
Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Jakarta -

Menikmati kopi bisa dilakukan di banyak tempat. Salah satunya di kawasan Puncak Suroloyo, yang merupakan titik tertinggi Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Secara administratif, Puncak Suroloyo masuk wilayah Dusun Keceme, Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh. Jarak tempuh dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 33 kilometer atau kurang-lebih 1,5 jam perjalanan.

Memiliki tinggi sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut (mdpl), objek wisata alam ini menyuguhkan keindahan panorama dari ketinggian sekitar. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, dari puncak bisa terlihat Gunung Merapi dan Merbabu di sisi timur.

Menikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon ProgoMenikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon Progo Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Sementara jauh di kaki langit sebelah utara, tampak Gunung Sumbing yang menjulang. Apabila mata kita jeli, bisa melihat Candi Borobudur, yang berjarak sekitar 5 km dari tempat ini.

Selain panorama alamnya yang elok, di tempat ini pengunjung bisa menemukan kedai yang menyajikan kopi khas Kulon Progo. Bernama Kopi Suroloyo, kedai ini terletak di rest area wisata tersebut, atau depan pintu masuk tangga menuju kawasan puncak.

Menikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon ProgoMenikmati Kopi di Titik Tertinggi Kulon Progo Foto: (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Di Kedai yang sudah berdiri sejak 2012 silam ini, pengunjung dapat menikmati aneka kopi dari biji kopi hasil panenan petani setempat. Adapun bahan baku utama yang digunakan adalah biji kopi menoreh, salah satu varian kopi asli Kulon Progo.

"Kami memang menggunakan kopi lokal, tujuan utamanya untuk ajang promosi ke masyarakat luas bahwa ini lho Kulon Progo juga punya kopi sendiri yang rasanya tidak kalah sama varian lain," kata Pemilik Kedai Kopi Suroloyo, Windarno saat ditemui detik.com di lokasi, Sabtu (22/5/2021).

Di tangan Mas Win, sapaan akrab Windarno, biji kopi menoreh diolah menjadi kopi dengan berbagai varian, mulai dari kopi tubruk, espresso, kopi susu, caffelate dan sebagainya. Adapun harga yang dipatok untuk secangkir kopi di sini berada di kisaran Rp15.000.

Tak hanya kopi, kedai ini juga menyajikan minuman lain seperti teh, susu, dan coklat. Sebagai pendamping ada tempe mendoan, pisang goreng serta geblek. Makanan berat semacam soto dan mie juga tersedia di Kedai Kopi Suroloyo, dengan harga kisaran Rp5.000-Rp10.000 per porsi.



Simak Video "Ada Oknum Pedagang Ancam Pancal Pengunjung di Malioboro, Ini Kata Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA