Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Jun 2021 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Embung Sidem, Wisata Murmer ala Tulungagung

Adhar Muttaqin
detikTravel
Tulungagung, Jawa Timur -

Menghabiskan waktu akhir pekan tak perlu mahal, di Tulungagung, Jawa Timur terdapat satu destinasi embung atau bendungan kecil yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

Embung Sidem, berada lereng perbukitan Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Lokasinya 18 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Bendungan kecil ini memiliki panorama yang indah dan menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat sekitar.

Di lokasi tersebut pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hamparan danau buatan yang banyak dihuni oleh aneka jenis ikan. Perbukitan hijau yang ada di sekitar lokasi embung, menjadikan suasana seolah berada di atas pegunungan.

"Ikan di embung ini cukup banyak, ada juga ikan hias. Pengunjung bisa memberi makan ikan dengan membeli pakan di warung sini," kata Kepala Dusun Bago, Desa Sendang, Gunawan, Minggu (13/6/2021).

Menghabiskan waktu akhir pekan tak perlu mahal, di Tulungagung terdapat satu destinasi embung atau bendungan kecil yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.Embung Sidem Foto: Adhar Muttaqin

Meskipun berada di pelosok desa, embung Sidem dapat dijangkau dengan mudah oleh sepeda motor maupun mobil. Jika ditempuh dari pusat kota Tulungagung, membutuhkan waktu perjalanan 36 menit.

"Untuk masuk ke kawasan ini gratis. Kalau di akhir pekan biasanya ramai, kadang juga ada yang camping di sini," jelasnya.

Gunawan menambahkan di lokasi sekitar embung juga berdiri sejumlah warung makan, yang menyajikan aneka makanan khas pedesaan.

Menurutnya sejak embung selesai dibangun pada akhir 2016 lalu, kelompok karang taruna di Desa Sidem berinisiatif untuk menjadikan lokasi itu menjadi kawasan wisata rintisan.

Keberadaan lokasi wisata ini melengkapi wisata lain yang ada di Desa Sidem, yaitu kampung susu. "Ini satu jalur dengan kampung susu, jadi setelah dari sana bisa ke embung sini," jelasnya.

Pemerintah desa mengaku akan berusaha mengembangkan kawasan wisata rintisan ini dengan berbagai fasilitas menarik. Sehingga menambah kenyamanan para pengunjung yang datang.

Sementara itu salah seorang pengunjung Saifudin mengaku sering berkunjung ke embung Sidem, karena selain dekat, juga nyaman untuk bersantai.

"Lumayan sering ke sini. anak-anak itu paling suka kalau memberi makan ikan, ikannya kan banyak di sini," kata Saifudin.

Menurutnya, panorama wisata tersebut paling nyaman jika dinikmati pada pagi hari. "Kalau pagi itu ada kabutnya, kemudian kalau matahari mulai terbit, tampak menarik karena muncul di antara perbukitan," jelasnya.

Buat Traveler yang lagi di Tulungagung, boleh lah mampir ke embung Sidem.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA