Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 16:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 9 Destinasi Wisata Terfavorit di Sumba

Putu Intan
detikTravel
Wisata Sumba
Foto: dok. AntaVaya

6. Sunset di Pantai Batu Bolong atau Pantai Mbawana

Dulu, Pantai Mbawana sangat terkenal dengan spot ikoniknya, yaitu tebing karang yang menjorok ke pantai dengan lubang besar di tengahnya. Batu bolong itulah yang membuat Pantai Mbawana semakin indah.

Sayangnya, batu yang menjulang tinggi dengan bentuk setengah lingkaran itu telah runtuh sejak November 2020. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan pantai yang satu ini. Sunset-nya tetap juara!

Untuk menuju pantai di Sumba ini, kamu harus menuruni sekitar 300 anak tangga yang lumayan curam. Ketika sampai di Pantai Mbawana, kamu akan langsung disambut hamparan pasir putih, laut biru, serta deburan ombak yang menenangkan hati.

7. Bendungan Waikelo Sawah: Air, Sawah, dan Gua Jadi Satu

Destinasi berikutnya adalah Bendungan Waikelo Sawah. Tempat wisata Sumba ini sangatlah indah dan unik karena perpaduan dari sumber mata air alami, gua eksotis, serta sawah yang hijau.

Seperti yang kita ketahui, durasi musim kemarau di Sumba lebih lama dibandingkan musim hujannya. Oleh sebab itu, air di Sumba cukup berharga. Jadi selain sebagai tempat wisata, Waikelo Sawah juga aset berharga bagi warga Sumba.

Daya tarik utama Waikelo Sawah terletak pada sumber mata airnya yang tidak pernah surut. Sumber mata air alami berasal dari dalam gua yang kemudian mengalir ke luar.

Kalau ke sini, jangan lupa berpose di tengah air terjun mini yang berada di tengah sawah.

8. Belajar Menenun di Prai Ijing Megalithic Village

Kampung Adat Prai Ijing Megalithic Village adalah salah satu desa di Pulau Sumba yang masih mempertahankan kearifan budaya leluhur. Ciri khas rumah-rumah di desa ini adalah bagian atap berbentuk limas yang menjulang tinggi dan ditutupi alang-alang kering.

Destinasi wisata Sumba ini sudah terkelola dengan baik. Akses ke Prai Ijing cukup mudah karena jalannya aspal dan ada petunjuk jalan. Selain itu, perkampungan pun tertata rapi dan dilengkapi peta sehingga memudahkan pengunjung.

Prai Ijing terletak di perbukitan, jadi kamu bisa menikmati suasana kampung dari atas. Uniknya lagi, pengunjung bisa melihat bahkan belajar bagaimana cara menenun dari warga lokal.

9. Segarnya Bermain Air di Air Terjun Lapopu

Wisata SumbaAir Terjun Lapopu. Foto: dok. AntaVaya

Air Terjun Lapopu merupakan air terjun bertingkat yang jatuh dari tebing berundak dengan ketinggian sekitar 90 meter. Lokasinya berada dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Suasana di Air Terjun Lapopu masih sangat alami. Airnya sangat jernih dan berwarna toska. Jangan lewatkan kesempatan merasakan segarnya aliran air terjun dengan berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun ini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pajura, Tradisi Adu Kekuatan Tertua Asal Sumba "
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA