Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Jul 2021 18:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

JJ Rizal Pertanyakan Pembangunan Pospol Taman Suropati, Ini Profilnya

Taman Suropati
Taman Suropati (d'traveler/Ria Rahmawati)
Jakarta -

Nama Taman Suropati kembali viral setelah budayawan JJ Rizal mempertanyakan pembangunan pos polisi di sana. Berikut profil kawasan cagar budaya itu.

Sejarawan dan budayawan JJ Rizal kaget atas beredarnya foto pos polisi di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta, yang berubah 'muka'. JJ Rizal mendapat informasi pos polisi yang dibangun di area cagar budaya itu dibangun menjadi dua lantai.

JJ Rizal mengatakan pembangunan di kawasan cagar budaya seharusnya melalui proses sidang Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta terlebih dulu.

"Seharusnya sebelum pembangunan untuk mendapatkan izin harus ikut sidang TSP dulu dan mendapat rekomendasi. Memang ini mengganggu lanskap historis yang harus dijaga sebagaimana diamanahkan UU Cagar Budaya No 11 Tahun 2010. Apalagi taman itu jantung kawasan cagar budaya Menteng. Apalagi sampai jadi dua lantai," kata JJ Rizal kepada wartawan, Senin (19/7).

Ahli sejarah (sejarahwan) JJ RizalAhli sejarah (sejarahwan) JJ Rizal (Rachman Haryanto/detikcom)

JJ Rizal menerangkan, untuk pembangunan di kawasan cagar budaya, ada prosedurnya. Dia mempertanyakan pembangunan pos polisi itu apakah melewati tahapan legal atau tidak.

Dihimpun detikTravel, Senin (19/7/2021), Taman Suropati telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya ketika pertama kali dibangun, Taman Suropati memiliki nama Burgemeester Bisschopplein yang terinspirasi dari Wali Kota Batavia pertama GJ Bisshop.

Kemudian setelah masa penjajahan, taman ini berubah nama menjadi Taman Suropati yang terinspirasi dari nama pahlawan nasional Untung Suropati. Statusnya sendiri adalah bangunan cagar budaya.

Di tahun 2013, Taman Suropati kian dipercantik dengan enam monumen PBB Asia Tenggara yang berjumlah enam buah. Dimana masing-masing karya dibuat oleh seniman dari enam negara pendiri ASEAN.

Hanya di tengah pandemi, Taman Suropati ditutup sementara waktu selama PPKM darurat.



Simak Video "Pihak Taman Margasatwa Ragunan Dukung Diberlakukannya PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA