Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Agu 2021 07:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Petilasan Tokoh Legendaris Banten di Pantai Karang Bolong

Putu Intan
detikTravel
Pantai Karang Bolong
Petilasan Suryadilaga di Pantai Karang Bolong. Foto: Putu Intan/detikcom
Serang -

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu pantai unik di Anyer. Selain menjadi destinasi wisata, pantai ini menjadi petilasan sosok penting di Banten.

Pantai Karang Bolong selama ini kerap didatangi wisatawan untuk melihat karang besar yang bagian tengahnya berlubang. Banyak orang berfoto di depan karang tersebut karena bentuknya yang tidak biasa.

Selain itu, Pantai Karang Bolong juga menyuguhkan pemandangan indah yang dapat dinikmati dari atas tebing karang tersebut. Tak hanya itu, sebelum pandemi COVID-19, banyak wisatawan yang berenang atau bermain banana boat di sana.

Namun di balik kegiatan-kegiatan wisata tadi, Pantai Karang Bolong menyimpan sejarah yang belum banyak orang tahu. Penjaga Pantai Karang Bolong, Iping bercerita kepada detikcom mengenai kisah pantai ini di masa lalu.

"Menurut cerita orang-orang Kasepuhan dulu, pantai ini bukan Karang Bolong. Namanya Karang Suraga. Konon dinamakan Karang Suraga karena di sini tinggal sosok Raden Mas Suryadilaga," kata Iping.

Pantai Karang BolongPantai Karang Bolong. Foto: Putu Intan/detikcom

Dikisahkan, Raden Mas Suryadilaga gemar bertapa di kawasan Karang Bolong. Tokoh ini dikenal sakti dan berjasa untuk masyarakat sekitar. Selain diabadikan sebagai nama pantai, namanya juga diabadikan menjadi nama Desa Karang Suraga.

"Dia sangat terkenal karena dia seorang pertapa ya. Kalau orang dulu kan yang diutamakan kesaktian. Nah dia itu salah satu orang yang punya kesaktian, mungkin pejuang juga," tuturnya.

Iping juga menyebut, petilasan Raden Mas Suryadilaga ada di atas karang yang berlubang itu. Masyarakat percaya, Suryadilaga mencapai moksa sehingga jasadnya tak ditemukan dan dikuburkan.

"Nggak ada pemakamannya. Nggak ada cerita orang zaman dahulu soal kuburan Raden Mas Suryadilaga di sini. Kalau petilasannya iya ada di sini," paparnya.

Pantai Karang BolongPantai Karang Bolong sepi tanpa wisatawan. Foto: Putu Intan/detikcom

Karena adanya petilasan tersebut, Iping menyebut banyak orang datang untuk memohon berkah. Tak ada yang melarang kegiatan ini karena itu merupakan kepercayaan masing-masing orang.

"Ada yang datang dari Karawang, Cirebon, bahkan Jakarta, Tangerang. Ada yang bawa sesajen. Kadang buang uang untuk buang sial. Bunga setaman kadang-kadang sama tampahnya dibuang atau ditebar ke laut. Itu kan soal kepercayaan," kata Iping.

Namun Iping menolak jika Pantai Karang Bolong ini disebut memiliki aura mistis. Baginya itu kembali ke masing-masing orang, ia sendiri tidak percaya akan hal itu.

"Kalau mistis itu tergantung kepercayaan kita. Kalau orang meyakini ada, ya hal itu akan ada. Saya sih tidak ada kepercayaan seperti itu (mistis)," pungkasnya.



Simak Video "Sepinya Pantai di Kawasan Anyer Saat PPKM Diberlakukan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA