Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Sep 2021 20:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Segarnya Curug Layung, Keindahan di Tengah Hutan Pinus

Tim detikcom
detikTravel
Curug Layung
Foto: (Erna Mardiana/detikcom)
Jakarta -

Berada di tengah hutan pinus, Kawasan di Curug Layung begitu segar. Suara burung dan hewan lain berpadu dengan derasnya air terjun.

Curug Layung berlokasi di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Pada awalnya Curug Layung ditutup untuk umum, namun akhirnya dibuka untuk wisatawan.

Ya, bahkan sebelumnya Curug Layung dikenal sebagai area berlatih Kopassus. Tapi pada tahun 2012, area Perhutani ini menjadi objek wisata dan bumi perkemahan.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan di sekitar Curug Layung yang dikelilingi hutan pinus yang rimbun. Mau berenang? tentu bisa. Tapi ada syaratnya, traveler harus bisa berenang karena airnya cukup dalam. Selain itu, tersedia pula area khusus untuk camping yang menantang.

Curug Layung di BandungCurug Layung di Bandung Foto: Erna Mardiana/detikcom

Nah, untuk sampai di Curug Layung, ada dua opsi jalan. Pertama ada di gerbang utara yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Jadi, traveler hanya perlu jalan sedikit untuk sampai di area camping.

Kedua, ada di gerbang bawah di mana jalur ini lebih cocok untuk kami yang suka trekking melalui berbagai rintangan. Melalui jalur ini, traveler akan melewati hamparan perkebunan teh.

Walau tak sebesar curug lainnya, Curug Layung tetap memberikan pesonanya yang menarik pengunjung. Berbagai fasilitas juga tersedia untuk wisatawan, misalnya sejumlah spot unik untuk berfoto dengan panorama Kota Bandung dari ketinggian.

Namun, untuk saat ini Curug Layung masih ditutup karena mengikuti kebijakan PPKM level untuk batas waktu yang belum ditentukan. Stay safe ya traveler, selalu jaga protokol kesehatan.



Simak Video "Berwisata di Pinus Sari Pakai PeduliLindungi, Sinyal Jadi Kendala"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA