Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Okt 2021 05:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Kampung Papua Ini, Kambing Lebih Berharga Dibanding Rusa

Hari Suroto
detikTravel
Rusa Kampung Goras hasil tangkapan warga
Foto: Rusa tangkapan warga Kampung Goras (Hari Suroto/Istimewa)
Fakfak -

Kampung Goras merupakan kampung Islam di Distrik Mbahamdandara, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Di kampung ini, kambing lebih berharga dibandingkan rusa.

Di kampung ini, kambing menjadi hewan peliharaan favorit warga. Kambing-kambing dibiarkan bebas berkeliaran begitu saja di jalan kampung atau pekarangan rumah warga.

Sebagai tanda kepemilikan, masing-masing kambing ini diberi kalung penutup botol plastik. Walaupun banyak kambing di Kampung Goras, warga sangat jarang makan daging kambing.

Mereka lebih banyak mengkonsumsi daging rusa. Kambing dijual, rusa dimakan. Kambing dipelihara sebagai tabungan hidup, dijual pada saat Idhul Adha atau akikah.

Jumlah kambing betina di Kampung Goras lebih banyak daripada kambing jantan. Harga kambing jantan di Kampung Goras berkisar 4 hingga 5 juta rupiah per ekornya.

Selain berprofesi sebagai nelayan, warga Goras juga berburu rusa. Hutan hujan tropis yang lebat di sekitar Kampung Goras, menjadi habitat rusa.

Dalam kegiatan berburu rusa, biasanya dilakukan oleh satu hingga tiga orang, dengan dibantu beberapa ekor anjing.

Sebelum tahun 2010, berburu rusa dilakukan dengan menyusuri jalan setapak di dalam hutan, atau menggunakan perahu menyusuri sungai masuk ke dalam hutan kampung Goras.

Saat ini, dalam berburu rusa, warga kampung Goras menggunakan mobil double gardan. Anjing-anjing pemburu ditempatkan di bak terbuka bagian belakang.

Berburu rusa biasanya dilakukan pada malam hari. Rusa hasil tangkapan, dagingnya dijual. Sebagian dagingnya dikonsumsi sendiri oleh warga kampung Goras.

Daging rusa lebih disukai daripada daging kambing. Daging kambing teksturnya cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan daging rusa. Sedangkan daging rusa cenderung memiliki tekstur yang lebih halus.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Sempat Dihancurkan KNPB, 2 Jembatan di Papua Barat Dibangun Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA