Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Okt 2021 10:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Destinasi Wisata Alam Penuh Spot Instagramable di Cianjur

Ismet Selamet
detikTravel
Objek wisata di Cianjur.
Kebun Raya Cibodas (Ismet Selamet/detikTravel)

3. Wisata Air Jangari

Kawasan Jangari menjadi salah satu destinasi wisata air unggulan di Cianjur. Tak hanya jadi primadona bagi wisatawan lokal, destinasi wisata ini juga jadi tujuan wisatawan asing, terutama dari negara di Timur Tengah.

Kawasan wisata yang masuk dalam Waduk Cirata yang terbagi dalam tiga wilayah yakni Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat itu memiliki pesona tersendiri, yang tak kalah dengan destinasi lain di Cianjur.

Wisata air di CianjurWisata air di Cianjur (Ismet Selamet/detikTravel)

Pemandangan Waduk yang dikelilingi pegunungan memanjakan mata wisatawan yang datang.

Pemandangan secara luas itu bisa dinikmati dengan menyewa perahu kecil yang tersedia di sana. Hanya dengan merogoh kocek Rp 30 ribu per orang, wisatawan akan diajak berkeliling ke tengah wisata air Jangari yang berada di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tak hanya diajak menikmati pemandangan indah, wisatawan biasanya juga ditawarkan untuk singgah ke rumah makan terapung di tengah danau tersebut. Sensasi makan di tengah danau dengan pemandangan yang mempesona membuat makan ikan bakar dan lauk pelengkap lainnya terasa lebih nikmat.

"Sebenarnya di sekitaran kawasan pintu masuk juga ada tempat makan, tapi kebanyakan wisatawan luar kota ataupun mancanegara yang datang makannya di rumah makan terapung di tengah Jangari. Namun tidak sedikit juga yang makan di pinggiran danau," ujar Wakil Ketua Kompepar Jangari, Hendrawan.

4. Hutan Pinus Wana Wisata Pokland

Wana wisata Pokland suguhkan berbagai jenis wahana permainan dan tempat untuk berfoto dengan berbagai spot yang indah di hutan pinus.

Wana wisata yang ditata dari kawasan hutan pinus di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur memiliki luas 20 hektare. Lokasi wisata yang diresmikan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar pada 27 Januari 2017, sebelumnya sempat ngehits setelah dipublikasikan Perum Perhutani KPH Cianjur.

wana wisata Pokland Cianjur, wana wisata PoklandWana wisata Pokland Cianjur (Ismet Selamet/detikTravel)

Selain pemandangan indah, wana wisata tersebut memiliki banyak spot yang Instagramable, seperti spot "cinta" yang bisa dijadikan foto dengan pasangan.

Tak hanya itu, ada juga beberapa fasilitas lain seperti bumi perkemahan, rumah pohon, tempat bermain anak, museum tani

Pengelola Wana Wisata Pokland, Ayi Juanda mengatakan, saat awak dibuka, pengunjung yang datang ke Pokland mencapai ribuan orang dalam seminggu. Bahkan pada momen tertentu, terutama hari libur nasional atau libur panjang hari raya, ratusan pengunjung memadati wana wisata tersebut.

"Wana wisata ini menjadi primadona. Karena satu-satunya wana wisata di Cianjur yang menggunakan konsep wisata hutan pinus dengan banyak spot foto, istirahat, dan fasilitas," ujar Ayi.

5. Wisata Edukasi Kampung Pandanwangi

Kampung Budaya Pandanwangi, destinasi wisata yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Cianjur yang berada di Desa Tegalega, Kecamatan Warungkondang kini menjadi daya tarik wisata.

Tidak hanya mengenalkan budidaya beras unggulan, destinasi wisata edukasi itu juga memiliki spot yang Instagramable bernuansa alam.

Kawasan wisata yang berada di atas lahan pertanian Pandanwangi seluas 6 hektar tersebut mulai ditata sejak 2018 lalu.

Kampung Padi PandanwangiKampung Padi Pandanwangi (Ismet Selamet/detikTravel)

Meski tingkat kunjungan masih belum banyak, seperti destinasi wisata lainnya. Namun Kampung Budaya Pandanwangi ditargetkan menjadi destinasi unggulan Cianjur ke depan.

Saat ini kampung wisata tersebut sudah memiliki sejumlah fasilitas, diantaranya tujuh buah leuit atau tempat penyimpangan gabah, hingga beberapa rumah tradisional dan sebuah pendopo.

Bahkan, ada juga wahana skywalk yang belum lama ini dicat ulang dengan warna pelangi sehingga makin menarik, dan menjadi spot foto yang Instagramable.

Saat ini destinasi wisata tersebut sudah mulai menarik perhatian pengunjung, meski baru sebatas untuk berswafoto. Apalagi, bagian latar belakang destinasi wisata tersebut tepat mengarah ke Gunung Gede Pangrango, sehingga semakin menambah indah foto yang diambil, terlebih jika cuaca sedang cerah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA