Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Okt 2021 12:58 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Los Angeles, Bukit Hollywood Ini Ada di Jayapura

Yudha Maulana
detikTravel
Jayapura City
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Jayapura -

Tulisan raksasa semacam 'Hollywood' di pegunungan Santa Monica Amerika rupanya juga ada di Kota Jayapura, Papua. Namanya 'Jayapura City', letaknya berada di perbukitan Ardipura, Jayapura Selatan.

Jayapura City menjadi salah satu ikon pariwisata 'Kota Kemenangan' yang cukup populer. Dari atas bukit ini wisatawan bisa melihat geliat kota yang berpadu mesra dengan hamparan lautan lepas, pulau-pulau kecil dan pegunungan di Papua. Indah nian!

Warga setempat menamai Jayapura City sebagai Jayapura Tower. Awalnya lokasi tersebut hanya digunakan sebagai lokasi pemancar TVRI dan beberapa pemancar dari televisi swasta. Hingga pada 2016 lalu pemerintah setempat meresmikan Tugu Jayapura City sebagai lokasi wisata.

Wisatawan bisa mendapatkan foto dengan pemandangan lanskap Jayapura di atas bukit ini. Tapi berhati-hatilah sebab tempat berpijak yang terbuat dari kayu sebagian telah berlubang. Di sana pun terdapat perahu yang bisa menjadi spot berfoto dengan pemandangan memukau.

Jayapura CityJayapura City Foto: Yudha Maulana/detikcom

Objek wisata ini berdampingan dengan Tugu Salib. Bangunan setinggi kurang lebih 6 meter itu juga memiliki ornamen berbentuk salib pada bagian sisinya.

Lepas dari segala kekurangannya, datang ke objek wisata ini gratis alias tak dipungut biaya. Paling sediakan uang kecil untuk membayar parkir kendaraan. Bila malam hari tulisan Jayapura City itu akan menyala kekuningan dan bisa dilihat dari lepas pantai Jayapura.

Jayapura City berada di atas perbukitan, oleh karena itu naiklah kendaraan yang tangguh untuk menaklukan medan jalan yang menanjak dan berkelok. Waktu tempuh Jayapura City hanya berkisar 30 menit dari Bandar Udara Sentani.

Jayapura CityJayapura City Foto: Yudha Maulana/detikcom

Tak ada transportasi publik resmi yang lewat ke objek wisata ini, namun wisatawan bisa menumpang ojek motor dari depan SMPN Jayapura. Firda Azzahra (24) warga Manokwari takjub dengan lanskap Kota Jayapura atas bukit.

"Ini sangat luar biasa ya, istimewanya di sini kita bisa lihat pemandangan Kota Jayapura dan lautan lepas. Saya baru pertama kali ke sini," kata Farida.

Perhelatan PON XX 2021 Papua juga membuat lokasi ini menjadi cukup ramai dikunjungi oleh perwakilan kontingen dari luar Papua. Hal itu terlihat dari beberapa pengunjung yang mengenakan tanda pengenal yang berkaitan dengan perhelatan olahraga paling akbar di Tanah Air itu.



Simak Video "PON XX Papua Siap Digelar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA