Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Okt 2021 14:58 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Effect, Berikut Profil Tas Noken Khas Papua yang Dibelinya

Sentani -

Nama Presiden Jokowi kembali mencuri perhatian, usai videonya membeli tas noken rajutan viral di Facebook. Berikut profil dari tas khas Papua tersebut.

Video viral itu awalnya beredar di media sosial Facebook. Momen ini berlangsung saat dirinya ingin menuju Sentani.

Adalah Flory Koban, pria yang mengunggah hal itu di Facebook pada 22 September 2021. Ia tak menyangka, kalau unggahannya itu akan disambut positif oleh Presiden Jokowi.

"Om Supir kalau lewat depan Hawai Sentani jangan terlalu balap ee, di sebelah kiri jalan ada kakak Yulita dan Kakak Paulina. Dong (mereka) dua jual noken pas di mata (depan) jalan masuk Panti Asuhan Putri Kerahiman Hawai," tulis Flory Koban seperti dikutip detikTravel, Minggu (3/10/2021).

Jokowi Pakai NokenJokowi pakai Noken (Youtube/ Sekretariat Presiden)

Ternyata Presiden Jokowi yang sejak awal membaca postingan viral ini menyempatkan diri untuk singgah di tempat yang dimaksud Flory Koban.

Jumat (1/10) petang itu, kepala negara turun menemui Yulita dan Paulina yang sedang berdiri menjajakan noken jualannya, tepat di bawah papan nama Panti Asuhan Putri Kerahiman (Yapukepa) Hawai tertancap berdiri.

Pada akhirnya, Presiden Jokowi membeli empat noken. Ada yang dirajut kulit kayu, dan ada yang disulam benang.

Untuk diketahui, noken merupakan ikon kearifan lokal Papua sebagai alat untuk membawa barang-barang. Noken sendiri telah diakui UNESCO sebagai warisan kebudayaan tak benda.

Noken adalah tas rajut atau anyaman. Namun di pedalaman Papua, noken tak hanya sekedar menjadi tas, noken menjadi bagian dari pemilihan kepala daerah (pilkada).

Noken merupakan tas tradisional hasil karya mama-mama Papua. Noken ini berbahan kulit kayu atau daun pandan hutan.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA