Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Okt 2021 15:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bahaya! Abrasi di Pantai Trisik, Bangunan TPI Nyaris Roboh

Potret kondisi bangunan yang terancam abrasi di Pantai Trisik, Kulon Progo, DIY, Kamis (21/10/2021).
Bangunan di Pantai Trisik, Kulon Progo, Jogja terancam abrasi. (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Jaka menerangkan abrasi di pantai ini sudah terjadi sejak lama. Ia bercerita dulu jarak dari bangunan permukiman penduduk ke pantai bisa mencapai 2 km, tetapi sekarang menyusut jadi hitungan meter dan beberapa bangunan telah rusak imbas diterjang ombak.

"Waktu saya kecil masih jauh sekali bisa 2 km, jarak dari kampung sampai pantai. Kalau sekarang sudah mepet sekali dan membahayakan," ujarnya.

Karena itu, pemerintah diminta segera turun tangan mengatasi persoalan ini. Pemerintah diharapkan dapat melakukan relokasi terhadap bangunan TPI serta tempat konservasi penyu yang terancam rusak.

Potret kondisi bangunan yang terancam abrasi di Pantai Trisik, Kulon Progo, DIY, Kamis (21/10/2021).Pantai Trisik, Kulon Progo, Yogyakarta terancam abrasi Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

"Untuk hari ini kalau dibilang parah ya juga parah, dan kami selaku yang dituakan di sini memohon dari pihak pemerintah untuk segera mengatasi hal itu. Karena itu memerlukan biaya yang sangat banyak. Kalau cuma swadaya masyarakat tidak mungkin mampu," kata pria yang juga bertindak sebagai Ketua Kelompok Konservasi Penyu Abadi Trisik tersebut.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kondisi Memprihatinkan Penangkaran Penyu di Pulau Trisik Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA