Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 15:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Vaksin, Bisa Nih Makan Enak Tanpa Boncos di Saung Eling Bogor

Luthfi Hafidz
detikTravel
Saung Eling Bogor
Saung Eling Bogor (Luthfi Hafidz/detikcom)
Bogor -

Di Saung Eling, traveler bisa makan enak tanpa boncos. Sudah begitu, traveler dimanjakan dengan view menawan.

Saung Eling terletak di Jalan Lembur Sawah, RT.02/RW.02, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi tersebut, traveler bisa start dari Terminal Barangsiang, Kota Bogor kemudian menuju ke Tugu Kujang. Setelah itu, berbelok ke kiri ke Jalan Oto Iskandardinata. Lalu, terus ke arah Mal BTM. Ambil jalan ke arah Empang. Ketemu lampu merah belok ke kiri ke Jalan Pahlawan. Terus, berjalan lurus menuju Bogor Nirwana Residance untuk menuju Saung Eling.

Begitu sampai ke area parkir maka traveler akan disambut dengan suasana pedesaan yang sangat kental. Sejauh mata memandang, traveler akan disuguhi persawahan yang terhampar luas dan rimbunnya pepohonan yang tertanam di sekitar area wisata.

Saung Eling BogorSaung Eling Bogor Foto: Luthfi Hafidz/detikcom

Untuk masuk ke area wisata Saung Eling, traveler perlu merogoh kocek buat biaya masuk senilai Rp. 10.000. Dengan uang itu, traveler mendapatkan dua jenis minuman tradisional.

Rudi, salah satu warga sekitar, Saung Eling merupakan swadaya warga desa ini. Saat ini, masih pengembangan tahap awal dan akan terus bersolek. Pada tahap awal ini, restoran menyajikan aneka makanan kampung dengan harga paketan dan sangat ekonomis sekitar Rp. 25.000 ribu.

Selain itu, di Saung Eling ada wahana selfie perahu di ujung tebing yang menghadap ke lembah ke kebun kebun dan pepohonan. Spot ini pas untuk traveler yang memiliki hobi gemar berfoto dan mengabadikan setiap momen dan juga pemandangan-pemandangan indah.

Selain berfoto dengan pemandangan indah khas Pegunungan Salak, traveler juga bisa mencoba berbagai makanan khas Sunda, mulai dari jipang, ubi atau hui boled, ranggining, rangginang dan masih banyak lagi makanan yang lain.

Saung Eling BogorSaung Eling Bogor Foto: Luthfi Hafidz/detikcom

Minuman juga disajikan dengan cara tradisional, yakni dengan kendi. Andai ingin minuman hangat, juga banyak pilihan di sini, seperti bandrek, wedang jahe, teh poci, dan kopi. Lauknya juga bermacam-macam, yang kangen ikan asin dan sayur asem ada kok di sini.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan relatif terjangkau, hanya berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Saung Eling saja sudah menawarkan tempat yang asyik buat berfoto. Bangunannya khas Sunda dengan bahan bambu.

Asyiknya lagi, Saung Eling mengajak traveler untuk memainkan permainan tradisional Adat Sunda. Pas nih buat traveler angkatan 90-an. Ada damdas dan congklak.

Saung Eling BogorSaung Eling Bogor Foto: Luthfi Hafidz/detikcom

Terakhir, untuk traveler yang mau membeli beberapa buah tangan atau oleh-oleh juga disediakan, mulai dari kerajinan tangan yang terbuat dari batok kelapa sampai dengan bambu dengan harga yang murah.

Bisa nih, buat akhir pekan traveler. Lebih aman sih kalau sudah vaksin.

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA