Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Okt 2021 17:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dinginnya Bogor Hilang dengan Hangatnya Pemandian Air Panas Ciparay

Luthfi Hafidz
detikTravel
Pemandian Air Panas Ciparay
Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)
Bogor -

Kolam air panas menjadi salah satu pelepas penat dan pegal-pegal setelah rutinitas. Dibalut dengan keindahan alam Bogor, inilah Pemandian Air Panas Ciparay.

Kota Bogor terkenal sebagai Kota Hujan yang memiliki arti bahwa kawasan ini kerap diguyur hujan tiap harinya yang menyebabkan udara di kota ini menjadi sejuk dan dingin.

Selain itu karena berada di dataran tinggi kota ini juga memiliki suhu yang relatif rendah, hal tersebut yang bisa membuat traveler yang berkunjung menjadi kedinginan.

Tetapi traveler tak perlu khawatir karena lokasi Bogor, Jawa Barat punya banyak tempat pemandian air panas yang bisa menghangatkan traveler. Salah satunya adalah pemandian Air Panas Ciparay.

Pemandian air panas ini langsung berdampingan dengan sungainya yang masih bersih dan airnya yang dingin langsung dari pegunungan. Pemandian Air Panas Ciparay punya pemandangan alamnya yang masih sangat asri dan sejuk.

Pemandian Air Panas CiparayPemandian Air Panas Ciparay Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya berada di Kampung Ciparai Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijah Kabupaten Bogor, kolam ini berjarak 5 kilometer dari Gunung Salak Endah.

Memiliki sumber mata air alami yang langsung keluar dari Gunung Salak, membuat air yang dihasilkan masih sangat segar dan asri. Sehingga dapat menghilangkan pegal-pegal dan juga merileksasikan kembali badan dan pikiran traveler.

Yang membuat lebih menarik lagi, pemandian air panas ini berdampingan langsung dengan Sungai Cikuluwung yang bersumber langsung dari pegunungan.

Pemandian air panas ini memiliki dua kolam utama berukuran sedang. Saat sedang ramai-ramainnya, wisatawan harus mengantre. Terutama di waktu akhir pekan dan hari libur nasional.

Akan tetapi jika kalian tidak sabar mengantre di kolam utama, kalian bisa menyewa kolam privat yang disediakan oleh pengelola. Pemandangannya tak kalah asri.

Selain itu suara gemericik air dari Sungai Cikuluwung akan menambah sensasi tersendiri di telinga traveler, seperti sebuah relaksasi.

Pemandian ini sangat cocok untuk menghilangkan penat, pegal-pegal dan rasa capek setelah sekian lama disibukkan dengan rutinitas kegiatan sehari-hari.

Anton, traveler asal Jakarta sengaja datang karena hanya untuk mencoba bagaimana sensasi berendam di pemandian air panas. Konon katanya memiliki khasiat menghilangkan pegal-pegal,

"Saya sengaja datang sih dari Jakarta buat nyobain, katanya berendam di sini bisa menghilangkan pegal-pegal dan bisa untuk relaksasi buat ngilangin stres juga dari lelahnya seminggu kerja." Ungkap Anton kepada detikTravel.

Sebelum sampai ke daerah pemandian air panas, traveler harus terlebih dahulu melewati jalan yang dipenuhi oleh rimbunnya pepohonan. Traveler akan disuguhkan oleh pemandangan perbukitan hijau sepanjang perjalanan.

Kondisi jalan setapak selebar dua meter ini cukup bagus, tetapi pengunjung harus berhati-hati karena tebingnya cukup curam dan berbelok-belok. Diperlukan sekitar 400 anak tangga yang harus dilalui supaya sampai di lokasi Air Panas Ciparay.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siap-siap, Ada Wahana Baru Buat Adrenaline Junkie di Bogor!"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA