Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Nov 2021 17:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Museum Geologi Sudah Buka Lagi, Yuk Berwisata Sejarah!

Wisma Putra
detikTravel
Yuk Berwisata Sejarah ke Museum Geologi Bandung
Foto: (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Buat kamu yang rindu berwisata ke Kota Bandung, kini Museum Geologi sudah buka lagi lho. Operasionalnya dibuka secara terbatas.

"Alhamdulillah, museum ini di tanggal 3 November sudah kita buka, didasari dengan Perwal Kota Bandung No 103, Pasal 16 di situ tercantum museum sudah bisa buka untuk umum," kata Kepala Museum Geologi Iwan Kurniawan kepada detikTravel, Kamis (4/11/2021).

Yuk Berwisata Sejarah ke Museum Geologi BandungYuk Berwisata Sejarah ke Museum Geologi Bandung Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Iwan berujar, protokol kesehatan di Museum Geologi sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Protokol kesehatan jauh-jauh hari sudah disiapkan, kuta evaluasi lagi, kekurangan kita tambah, untuk protokol kesehatan museum siap melayani pengunjung," ujarnya.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, jam operasional hingga kapasitas pengunjung dibatasi sementara.

"Kita lihat pengunjung normal per hari sekitar 3 ribu, dengan situasi sekarang kita coba dulu 10 persennya, artinya 300 orang perhari dan dibagi persesi adalah 20 orang per 15 menit yang buka dari Pukul 10.00-14.00 WIB dan reservasi kita tutup Pukul 13.00 WIB," ungkapnya.

Iwan berujar, bagi pengunjung dewasa diwajibkan harus sudah vaksin dua kali, sementara anak-anak ada pengecualian.

"Kita melaksanakan prokes dua kali vaksin, tapi ada skala prioritas karena 6-11 tahun belum vaksin kita kasih tahu orang tua, itu tanggungjawab orang tua, jangan sampai Museum Geologi jadi klaster, karena konsekuensinya cukup besar di mana jika museum ini jadi klaster bakal ditutup kembali," jelasnya.

Sehari dibuka, para pengungsi sangat antusias berwisata ke Museum Geologi "Antusias sangat besar, sebelum juga sama, sehari dibuka cukup lumayan ya," tuturnya.

Yuk Berwisata Sejarah ke Museum Geologi BandungYuk Berwisata Sejarah ke Museum Geologi Bandung Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Salah satu pengunjung, Diki Eka mengatakan sudah rindu datang ke Museum Geologi.

"Buat saya kelihatannya, udah lama enggak ke sini, Alhamdulillah masih terawat. Dikasih pemandu biar tahu sejarah, apa saja namanya," ujarnya.

Eka mengakui, jika dirinya suka dengan sejarah. "Kaya ada dari mulai terjadinya bumi, batuan, terus barang-barang yang terbuat selama ini ternyata dari bumi juga. Saya sukanya lebih ke sejarah, awal mula bumi gitu," pungkasnya.



Simak Video "Hasil Simulasi Disbudpar Bandung: Museum Geologi Layak Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA