Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Nov 2021 10:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Segarnya Bermain Air di Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo

Luthfi Hafidz
detikTravel
Bermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo
Foto: Curug Leuwi Hejo (Luthfi hafidz/detikcom)

Seperti nama curug ini "Leuwi Hejo" kita sudah mendapatkan kata kunci "Hejo" atau hijau yang berarti air curug terlihat berwarna hijau toska, hal ini lah yang menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya air berwarna hijau toska, curug ini memiliki air yang jernih sehingga ketika sinar mata hari menyinari air akan memantul dan membias, bebatuan dan biota yang terdapat di dalam air terlihat jelas dan begitu indah.

Harga tiket Curug Leuwi Hejo sendiri terbilang murah yaitu yaitu Rp 15.000,- per orang dan parkir kendaraan sebesar Rp 8.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk kendaraan roda empat. Selain melihat keindahan dan kejernihan Curug Leuwi Hejo, wisatawan juga dapat menikmati ragam wisata lainnya seperti Body Jumping atau melompat dari tebing sekitar air.

Bermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi HejoBermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Curug Leuwi Hejo juga menyediakan fasilitas seperti gazebo untuk bersantai-santai menikmati bekal yang dibawa, toilet, warung makan, sehingga pengunjung dapat menikmati liburan tanpa khawatir jika kehabisan makanan dan mempertimbangkan jauh untuk ke tempat makan. Sekitar lokasi Leuwi Hejo terdapat beberapa penginapan yang bisa dijadikan opsi bagi wisatawan luar daerah Jadetabek yang ingin beristirahat dari rutinitas atau staycation.

Harga penginapan sekitar Curug Leuwi Hejo berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 1.000.000,- tergantung fasilitas yang ditawarkan dan tergantung kondisi weekend, weekdays, hari libur nasional dan lain sebagainya. Beberapa tips jika ingin pergi ke Curug Leuwi Hejo agar tetap merasakan keindahan, kenyamanan dan kegembiraan, yaitu: Gunakan alas kaki yang sesuai dengan medan pada struktur jalan curug, agar kaki tidak terkilir.

Sebisa mungkin datang pada musim kemarau jangan hujan karena debit air bisa saja tinggi dan berbahaya,
Hindari weekend dan hari libur nasional karena ramai sehingga tidak dapat menikmati pemandangan dengan maksimal, sarapan terlebih dahulu, membawa air minum dan makanan ringan untuk mengganjal perut dan sebisa mungkin mengetahui kondisi fisik saat akan tracking.

Tetapi ada kabar bahwa tempat ini ditutup sementara, perkembangan terbaru, kawasan yang terkenal akan airnya yang berwarna hijau kebiruan itu pun ditutup sementara. Keputusan ini diambil oleh pengelola kawasan dan pejabat desa setelah beredarnya foto lembaran tiket masuk ke lokasi wisata Curug Leuwi Hejo dengan harga yang terlalu mahal.

Tarif yang diberlakukan pengelola mencapai Rp 40 ribu, namun disinyalir ada dua pengelola yang mematok tarif hingga pengunjung ditarik bayaran lagi. Di antaranya Rp 15 masuk ke pengelola Riverside yang bekerjasama dengan pihak Sentul City dan Rp 25 ribu diperuntukkan kepada warga masyarakat yang bekerja sama dengan Perhutani. Sementara tiket parkir kendaraan masih ditarik lagi, yaitu sepeda motor Rp 10 ribu dan mobil Rp 20 ribu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA