Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 16:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Kisah Tragis di Balik Panorama Indah Gunung Batu Jonggol

Luthfi Hafidz
detikTravel
Gunung Batu
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)
Jakarta -

Gunung Batu Jonggol bukan hanya terkenal sebagai lokasi wisata populer yang banyak pengunjung, tapi juga ada cerita tragis dan mistisnya.

Cerita tragis datang dari seorang pendaki yang terpeleset dan jatuh saat akan mengambil foto di atas batu. Kejadian itu sempat membuat Gunung Batu Jonggol harus menutup akses untuk wisatawan selama beberapa waktu.

Keberadaan tempat wisata baru di wilayah Timur Kabupaten Bogor seolah kurang mendapat perhatian pe­merintah. Sehingga banyak tem­pat wisata yang indah malah menelan korban jiwa. Salah sa­tunya wisata alam Puncak Gunung­batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur.

Terhitung dalam setahun, sudah ada dua orang yang meninggal dunia akibat terjatuh di tempat tersebut. Kejadian pertama pada 3 Mei lalu menimpa seorang pria berusia 23 tahun.

Baru-baru ini, lanjut dia, musi­bah terjadi bertepatan dengan HUT ke-71 RI yang menimpa seorang remaja berusia 17 tahun. "Waktu itu korban sempat ber­baring di atas batu di puncak gunung dengan teman-temannya. Setelah berdiri dan hendak ber­geser, korban sempoyongan dan terpeleset hingga jatuh ke jurang," paparnya.

Menurut Saefulloh, korban sem­pat dievakuasi dan dilarikan ke puskesmas. Namun sayang, nya­wanya tidak tertolong lantaran mengalami pendarahan serius di bagian kepala.

Ia berha­rap pemerintah desa, kecamatan dan daerah bisa menertibkan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Batu dan memberikan batas aman bagi wisatawan.

Seolah lagi dan lagi Gunung Batu kembali menelan korban, seorang warga Sukabumi dilaporkan terjatuh saat mengunjungi objek wisata Gunung Batu Jonggol, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Minggu (14/2/2021) kemarin.

Menanggapi kejadian tersebut, penjaga setempat mengaku kalau itu merupakan kejadian tragis pertama yang terjadi di Gunung Batu sebelumnya tidak ada kejadian tragis atau mistis beredar di tempat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT